#23 Be Grateful!


Ada dua kenikmatan, banyak manusia menjadi merugi gara-gara dua kenikmatan ini, yaitu; nikmat kesehatan dan nikmat waktu luang.
Dalam hidup ini ada banyak sekali kenikmatan yang telah Allah beri, yang seharusnya kita patut syukuri. Namun, seringkali kita abai untuk mensyukurinya. Salah satunya adalah nikmat sehat. Beberapa bulan terakhir ini aku beberapa kali menulis tentang makna syukur. Sebab aku seperti diingatkan Allah untuk terus mensyukuri nikmat-Nya. Saat lambungku mulai memberontak aku tersadar bahwa mungkin selama ini aku tidak menjaganya dengan baik. 

Kalau dulu, makan sebanyak apapun tidak akan berefek samping apapun. Namun, sekarang makan lebih banyak dari seharusnya saja sudah langsung terlihat efek sampingnya. Kalau dulu, makan  mie, sambal, minum kopi, soda, dan cokelat tidak masalah sama sekali. Namun, sekarang, makanan dan minuman itu menjadi pantanganku. Kalau dulu, makan di tempat makan manapun tidak masalah. Namun, sekarang, harus pilih-pilih tempat makan. Kalau bisa yang menunya bervariasi. Kalau dulu, setelah makan tidak masalah mau jungkir balik, tiduran, telentang, atau tengkurep. Namun, sekarang, tengkurep saja tidak boleh. Untuk sekarang, persepsi syukurku sesederhana bisa makan dengan tenang tanpa ada efek samping setelahnya.    

Ya, selain itu, masih banyak hal yang patut disyukuri. Sebab jika kita kita bersyukur, maka Allah akan memberikan yang lebih untuk kita. Dan salah satu cara bersyukur adalah dengan menjaganya. Seperti menjaga kesehatan, menjaga organ tubuh yang kita miliki. 

Share this:

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. Kadang kita sengaja ataupun tidak, sering menyia-nyiakan nikmat sehat dan nikmat waktu luang. Namun ketika salah satu atau kedua nikmat itu berkurang, barulah kita menyadari betapa mahalnya kedua nikmat itu.

    Terimakasih sudah berbagi, tulisan ini telah mengingatkan saya untuk banyak bersyukur pada sang pemberi nikmat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, saat satu per satu kenikmatan itu dicabut, kita baru sadar kalau itu sesuatu yang seharusnya kita syukur. Sama-sama, semoga senantiasa selalu bersyukur :)

      Delete
  2. Iya, kadang terlalu mencari-cari yang 'besar' tapi nikmat nikmat yang kecil malah gak kerasa dan jadi jarang disyukuri. Tulisan bagus, kak! :)

    ReplyDelete