Tentangku


‘Writing is healing’. Bagiku menulis adalah katarsis. Saat id-ku mulai meronta untuk mendapat apresiasi atas apa yang kutulis. Aku seperti kehilangan makna menulis itu sendiri.

Assalammualaykum! Halo! Selamat datang di Catatan Kecil-ku Selamat datang di www.riasrise.com :3

Perkenalan aku Apriastiana Dian Fikroti. Biasa dipanggil Rias. Nama depanku merupakan singkatan yang diberikan orangtuaku. Apri-asti-ana. Apri itu April, Asti itu singkatan nama orangtuaku, dan Ana berarti ada. Tiga kata namaku sering sekali salah tulis dan salah baca. Terutama nama depanku. Entah sudah berapa kali namaku salah diucap dan salah tulis. 

Sejak kecil aku sudah mulai menulis. Walau saat itu baru sekadar menulis pengalaman pribadi. Baru saat kuliah aku mulai mendalami berbagai jenis tulisan. Cerita pendek, flashfiction, prosa, puisi, dan artikel semi ilmiah. Blog ini sendiri sudah kubuat sejak tahun 2009, di tahun terakhir SMP.

Kenapa "Catatan Kecil"? 

Karena awal pembentukan blog ini hanya untuk melampiaskan seluruh perasaanku, seluruh isi hatiku yang tidak terucap. Sebab aku susah untuk leluasa berbicara dengan semua orang, terlebih pada orang-orang yang membuatku tidak nyaman. Dan blog ini menjadi pelampiasanku. Jadi, jangan kaget kalau tahun-tahun awal blog ini dibuat beberapa tulisanku terkesan nyinyir atau marah dengan orang-orang. Namun, semakin lama aku semakin sadar kalau itu tidak baik. 

Kenapa www.riasrise.com?

Awalnya blog ini kuberi nama bluebubblegirl.blogspot.com. Namun, karena namanya yang lumayan panjang dan waktu itu iseng membeli domain, akhirnya nama url blog-ku kuganti www.riasrise.com. Kenapa nama itu? 

Jawabannya simpel sekaligus agak menggelikan. Hampir semua akun media sosialku bernama riasrise. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga Line.Nama riasrise sebenarnya gabungan dua nama yaitu rias dan rise. Rias itu nama panggilanku, dan rise itu singkatan. Agak menggelikan saat membahas arti dibalikriasrise. Sebab rise itu singkatan dari RiSejati. Saat itu, aku suka sekali menonton acara Idola Cilik dan salah satu jagoanku adalah Rio. Sementara fanbase-nya bernama Rise. Bahkan salah seorang teman SMA-ku pernah memanggilku Risekarena hampir semua nama akun media sosialku bernama riasrise. Namun, terkadang aku mempunyai filosofi sendiri dengan kata rise tersebut. Secara harfiah rise berarti muncul, naik, atau bangkit. Dan harapanku dengan penambahan kata rise, di belakang nama panggilanku, aku dapat bergegas bangkit saat terpuruk. Bergegas muncul saat tenggelam. 

Jangan terlarut terlalu dalam.  


    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: