#8 Segera Lulus



Kata seorang teman seangkatan, tahun ini adalah tahun kelulusannya anak 2013. Kuyakin teman-teman satu grup meng-aamiin-i-nya. Dan kelulusan menjadi salah satu hal yang ingin kulakukan untuk orangtuaku di tahun. Ingin segera lulus sebelum semester 9 tiba, sebelum masa beasiswaku habis. Intinya dengan lulus lebih cepat aku ingin meringankan beban orangtuaku. Keinginan kedua yang akan kulakukan untuk orangtua di tahun ini--yang masih berhubungan dengan kelulusan--adalah mandiri secara finansial. Entah tetap menjadi admin, atau menjadi freelancer bahkan mungkin pekerja tetap di tempat lain. Ya, setidaknya dengan dapat mandiri secara finansial aku semakin meringankan beban orangtua dan dapat sedikit-sedikit biaya pendidikannya adikku. 

Banyak rencana yang telah kususun setelah lulus nanti. Seperti bekerja dulu menjadi jurnalis sambil mengumpulkan uang untuk melanjutkan S2 Psikologi Perkembangan Anak atau Psikologi Klinis, kalau nantinya tetap ingin menjadi psikolog. Kalau tidak lagi memiliki keinginan untuk menjadi psikolog mungkin S2-nya aku akan mengambil jurusan Komunikasi yang berhubungan dengan dunia kemediaan. 

Kadang merasa rencana-rencana yang kususun sedemikian rapi membuatku menjadi ambisius dan melampaui kapasitasku sendiri. Tapi katanya segala hal yang baik harus dipaksakan untuk dilakukan agar terbiasa. Dan apakah ini termasuk hal yang baik? Semoga saja. 

Tiba-tiba jadi teringat percakapan tadi pagi bersama Ibu. 

"Setelah lulus mau kerja di mana?"

"Republika."

"Mau jadi apa?"

"Jurnalis."

"Memang ilmu Psikologinya akan terpakai?"

"Terpakai kok Bu." 

Padahal aku tidak yakin dengan jawabanku sendiri. 


Share this:

0 comments:

Post a Comment