#13 Pantai atau Gunung?

Pantai dan gunung, dua pilihan yang sulit kutentukan mana yang paling kusuka. Bagiku, keduanya memiliki kesan tersendiri, yang sama mengesankannya. 


Pantai. Aku suka suara debur ombaknya. Suasananya yang hangat, walau sesekali terasa menyengat. Aku suka saat air laut menyentuh kaki. Terasa menyejukkan. Rasanya ingin terbawa hingga ke tengah pantai. Tenggelam di dasarnya. Aku juga suka suasana pantai saat sore hari. Saat matahari kembali ke peraduan. Saat siang bersiap menjadi senja. Dan yang paling kusuka saat melihat langit yang begitu cerah. Berwarna biru dan ditemani segumpalan awan putih. 



Gunung. Aku juga menyukai gunung sejak pertama kali berkesempatan mendakinya. Di tengah pendakian, ketika aku menatap ke bawah kulihat kerlip lampu rumah-rumah dan toko-toko. Sementara saat aku mendongak ke atas, kulihat kerlip bintang memenuhi langit. Pemandangan yang jarang sekali terlihat ketika di Jogja/Purwokerto. Suasananya pun begitu sejuk. Sesekali dingin, apalagi saat larut malam hingga menjelang pagi hari. Dan pagi hari menjadi favorit bagi banyak pendaki. Banyak di antara mereka--dan mungkin termasuk aku--yang 'berburu' sunrise. Dan tidak bisa dipungkiri menyaksikan matahari yang baru muncul dari peraduan itu suatu anugerah. Karena jarang-jarang dapat menyaksikan pemandangan itu. Bahkan di gunung pun, tidak selalu dapat menyaksikan matahari terbit. Selain sunrise, yang paling kusuka dari gunung adalah saat menatap ke bawah dan menyaksikan segerombolan awan yang berjalan beriringan. Hal lainnya aku suka padang sabana, edelweiss, dan bunga-bunga lainnya yang hanya ada di gunung. 

Di antara pantai dan gunung, aku tidak bisa memilih karena aku menyukai keduanya. Namun, hal yang paling mengesankan dari gunung dibanding pantai yaitu usaha dan kerjasamanya. Untuk mendaki gunung banyak persiapan dan usaha yang ekstra dibanding pantai yang lebih fleksibel. Selain itu, saat mendaki gunung akan terlihat kerjasamanya. Baik dengan teman sekelompok, maupun kelompok lain. Bahkan dengan kelompok lain pun bisa saling menyemangati. 

Kalau kamu, mau lari ke gunung atau belok ke pantai?

Share this:

0 comments:

Post a Comment