#30 Di Balik Nama Blog


Pembuataan blog ini sebenarnya berawal dari keisengan belaka. Masa-masa kelas 3 SMP merupakan masa-masa aku baru mengenal internet lebih dekat. Berawal dari membuat Facebook, Twitter, hingga akhirnya di bulan Oktober 2009 aku iseng membuat blog. Saat itu, aku belum begitu paham tentang blog, yang kutahu blog itu tempat untuk menulis. Sebab bagiku, blog menjadi media baruku untuk menulis. Kalau dulu saat SD hanya menulis di buku harian, sejak kelas 3 SMP media menulis beralih ke digital, yaitu blog. Saat itu blog-ku bernama bluebubblegirl.blogspot.com. Aku lupa kenapa kunamai blog-ku dengan nama itu, yang pasti karena aku suka warna biru. Namun, blog ini baru benar-benar kujalankan saat kelas 1 SMA. Terlebih saat itu teman-teman dekatku banyak yang suka menulis. 

Tahun-tahun awal blog ini dibuat, tata bahasa dan diksiku masih tidak karuan. Tahun 2010-2012 aku masih suka mengumpat, memaki, dan menulis hal-hal jelek lainnya secara jelas di blog. Benar-benar penuh amarah dan tidak enak dibaca. Oleh sebab itu, tulisan yang pernah ku-post di tahun 2010  dan beberapa tulisan di tahun 2011 dan 2012 terpaksa kuhapus. Baru di tahun 2013 aku mulai mengikuti komunitas kepenulisan dan badan pers di fakultas sehingga membuatku banyak belajar tentang dunia kepenulisan. 

Selain blog ini sebenarnya aku memiliki dua blog lainnya, yang satu sama-sama blogspot, yang satunya wordpress. Namun, karena sudah terlanjur menulis banyak di blog ini, akhirnya aku terus mengurus blog ini hingga sekarang. Lalu sekitar bulan Oktober 2015, aku iseng membeli domain di salah satu web hosting yang disarankan temanku. Aku membeli domain dengan nama yang berbeda dengan nama blog-ku yang sebelumnya. Berubah dari bluebubblegirl.blogspot.com menjadi www.riasrise.com. 

Kenapa www.riasrise.com

Jawabannya simpel sekaligus agak menggelikan. Hampir semua akun media sosialku bernama riasrise. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga Line. Nama riasrise sebenarnya gabungan dua nama yaitu rias dan rise. Rias itu nama panggilanku, dan rise itu singkatan. Agak menggelikan saat membahas arti dibalik riasrise. Sebab rise itu singkatan dari Rio Sejati. Saat itu, aku suka sekali menonton acara Idola Cilik dan salah satu jagoanku adalah Rio. Sementara fanbase-nya bernama Rise. Bahkan salah seorang teman SMA-ku pernah memanggilku Rise karena hampir semua nama akun media sosialku bernama riasrise. Namun, terkadang aku mempunyai filosofi sendiri dengan kata rise tersebut. Secara harfiah rise berarti muncul, naik, atau bangkit. Dan harapanku dengan penambahan kata rise, di belakang nama panggilanku, aku dapat bergegas bangkit saat terpuruk. Bergegas muncul saat tenggelam.  

Share this:

    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 comments:

  1. Semoga selalu bersinar cantik seperti sunrise yaa.. :)
    Salam kenal.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Rabb. Salam kenal juga Emma ^^

      Delete
  2. Salut, sejak SMP sudah ngeblog. Sekreatif namanya.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, terima kasih. Salam kenal juga Lelly ^^

      Delete