Tentang Video Paranormal Experience Raditya Dika & Al-Matsurat, Zikir Pagi-Petang




Hari ke #175

Sejujurnya, jarang-jarang nonton video-video di channel YouTube-nya Raditya Dika, apalagi nonton film yang berbau horor--genre yang sangat aku hindari. Pun ketika Raditya Dika promosi di Instagramnya tentang video terbarunya yang bertajuk "Paranormal Experience: Rumah Terseram di Jogja" di YouTube, aku belum begitu tertarik untuk menontonnya. Meskipun video tersebut sudah ditonton oleh satu juta lebih orang. Namun, tadi pagi salah seorang kawan mem-WA story video tersebut dan mengatakan bahwa di bagian penutup video tersebut ada sedikit pembahasan mengenai al-matsurat (zikir pagi dan petang) yang dijadikan penangkal untuk mengusir gangguan setan. Karena penasaran, akhirnya aku klik tautan yang di WA story temanku tersebut.

Sejak menit pertama, video tersebut memang sudah membuat bulu kuduk ini merinding. Mendengar cerita kawannya Raditya Dika--yang menjadi narasumber--tentang hal-hal mistis yang terjadi di rumah eyangnya sewaktu kuliah, membuatku serasa sedang menonton film horor. Pun sepanjang film menduga-duga letak rumah tersebut di daerah mana. Satu hal yang membuat salut adalah sang narasumber tetap betah tinggal di rumah tersebut dari awal hingga akhir kuliah, meskipun banyak hal mistis terjadi. Belasan menit terakhir, sang narasumber mengatakan kalau pernah diberi saran untuk "mengusir setan" dari kawannya yang anak KAMMI UGM dengan cara membaca al-matsurat selepas Subuh dan selepas Ashar. Semenjak sering membaca al-matsurat tersebut, ternyata berdampak positif pada rumah tersebut, pun berkurang hal-hal mistis yang terjadi.

Dari video tersebut, ada beberapa hal yang menurutku dapat diambil hikmahnya. Pertama, jika kita tidak berbuat aneh-aneh, bangsa jin pun tidak akan mengganggu kita. Kedua, tentang al-matsurat tersebut. Aku jadi teringat kembali akan keutamaan membaca al-matsurat saat pagi dan petang hari. Membaca al-matsurat dapat menenangkan hati siapapun yang membacanya, akan mendapat perlindungan dari Allah, dan berdampak pada lingkungan. Salah satunya yaitu Allah akan melindungi rumah kita dari gangguan jin dan setan.

No comments:

Powered by Blogger.