Sirah Nabi Muhammad Graphic Novel: Mengullik Kisah Nabi Muhammad SAW


Hari ke #171

Judul: Sirah Nabi Muhammad Graphic Novel
Penulis: Gerdi W.K.
Penerbit: PT. Merak Multimedia
Tahun Terbit: 2015
Jumlah Halaman: 177


"Hijrah adalah momentum bersejarah yang memiliki banyak hikmah di dalamnya. Muhammad mengajarkan pada umat manusia bahwa hijrah bukanlah sekedar seremonial perpindahan secara geografis. Lebih dari itu, hijrah adalah perpindahan mental dan spirit manusia menuju cita-cita yang lebih cerah dan cemerlang." (halaman 55)
Membaca kisah Nabi Muhammad SAW memang tidak pernah ada habisnya, pun tidak akan merasa bosan. Sebab dalam diri Beliau penuh keteladanan bagi para umatnya. Kisah tentang Beliau pun sudah banyak diabadikan dalam bentuk sirah (biografi), novel, komik, dan novel grafis. Seperti dalam buku Sirah Nabi Muhammad Graphic Novel ini, yang berbentuk novel grafis--sesuai dengan judulnya.

Dalam buku ini, kisah Nabi Muhammad SAW terbagi dalam tiga bagian. Bagian pertama berjudul "Lahirnya Sang Pencerah", yang menceritakan perjalanan hidup Beliau dari lahir hingga akhirnya menikah dengan Khadijah, istri pertama Beliau. Bagian kedua berjudul "Strategi Hijrah Sang Nabi", yang menceritakan perjalanan dakwah Beliau, awal mula Beliau menjadi nabi dan rasul Allah, wafatnya Khadijah, peristiwa Isra Mi'raj, dan hijrahnya Beliau ke Madinah. Diangkatnya Beliau menjadi nabi dan rasul Allah menjadikah dakwah yang dilakukan secara diam-diam berubah menjadi terang-terangan. Sebab banyak kaum Quraisy yang memutuskan untuk masuk Islam.

Lalu pada bagian terakhir berjudul "Rahmat bagi Alam Semesta", menceritakan kehidupan Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya selama tinggal di Madinah. Selain itu, dalam bagian ini diceritakan tentang awal mula terciptanya lafaz azan, beberapa perang melawan kaum kafir Quraisy, pernikahan Ali bin Abi Thalib dengan Fatimah Az Zahra. Pada bagian ini juga mengisahkan perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis ke Ka'bah, serta peristiwa wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Kelebihan buku ini dibanding buku lainnya yang menceritakan perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW yaitu pada kemasannya. Dikemas dalam bentuk novel grafis membuat kisah Nabi Muhammad lebih menarik untuk dibaca. Visualisasi dalam buku ini mengajak pembaca untuk mengenal lebih dekat bagaimana situasi dakwah Nabi Muhammad SAW yang penuh liku dan perjuangan. Bahkan harus menghadapi berbagai aral dan rintangan. Betapa segala perjuangan yang Beliau lakukan bukanlah semata untuk dirinya, tetapi untuk umatnya.

Ada beberapa kisah menarik dalam buku ini. Seperti ketika Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi  nabi dan rasul Allah dengan diturunkannya wahyu yang pertama hingga wahyu keempat melalui malaikat Jibril. Terlihat betapa taat dan cintanya Khadijah kepada Nabi Muhammad SAW yang  setia menemani Beliau yang merasa menggigil ketakutan ketika mendapat wahyu. Selain itu, dalam perang badar terlihat keteladanan Beliau yang membiarkan musuhnya untuk minum di sumber air yang berada di medan perang. Hal menarik lainnya, dalam perang badar tersebut Allah menurunkan 3000 malaikat dalam wujud pasukan berkuda untuk membantu Beliau dan pasukannya.

Secara keseluruhan buku ini cocok dibaca untuk semua kalangan. Pun terlebih bagi para pembaca yang kurang suka membaca beratusan halaman buku. Namun, pembaca tetap perlu membaca kisah Nabi Muhammad SAW dalam versi lainnya.

No comments:

Powered by Blogger.