Diingatkan Tentang Istiqomah




Hari ke #176

Hari ini sudah dua kali tidak sengaja mendengar ceramah di YouTube mengenai istiqomah. Mendengarnya, serasa diingatkan kembali untuk istiqomah dalam melakukan semua hal kebaikan. Meski terdengar "mudah", istiqomah merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan Rasulullah SAW mengatakan bahwa istiqomah merupakan tuntunan yang paling berat.

Kalau kata Quraish Shihab, istiqomah itu memiliki makna berjalan lurus ke depan, tidak ke kiri, maupun ke mana. Dengan demikian, untuk mencapai istiqomah ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Di antaranya harus memiliki pengetahuan dan tidak emosional dalam beribadah--tidak "melebih-lebihkan". Seperti bersedekah 5000 setiap hari lebih baik dibanding bersedekah berjuta-juta tetapi tidak rutin dilakukan. Istiqomah memang hal yang berat, tidak heran jika Allah memuji orang yang dapat istiqomah. Bahkan Allah menurunkan malaikat-Nya untuk membimbing orang-orang yang istiqomah.

Untuk itu, istiqomahlah dalam kebaikan. Dengan hal-hal kecil yang kita lakukan tetapi dilakukan secara terus-menerus. Keep hamasah wa istiqomah.

No comments:

Powered by Blogger.