Von, Sebuah Harapan




Hari ke #92


Ketika di acara @flpyogya kemarin, tidak sengaja menemukan tulisan "von" di sela-sela anak tangga. Membaca tulisan tersebut aku jadi teringat anime Zankyou no Terror. Di anime tersebut tulisan "von" kerap muncul ketika Nine dan Twelve beraksi. Kata von sendiri berasal dari bahasa icelandic yang artinya harapan.



Sepertinya Allah sengaja membuatku melihat tulisan "von" itu agar aku ingat tentang harapan-harapan yang sedang kuuntai. Sekaligus mengisyaratkan untuk menaruh harapan-harapan tersebut kepada Sang Maha. Mengisyaratkan untuk tidak lelah memperjuangkan harapan. Terlebih ketika tiada yang mendukung harapan-harapan. Seperti kisah katak yang memenangkan lomba panjat tiang. Sang katak menang karena tidak bisa mendengar perkataan orang-orang yang mencemoohnya. Hal yang patut ditiru sang katak yaitu untuk tidak memedulikan apa yang orang lain katakan kepada kita. Apalagi perkataan tersebut bersifat negatif dan dapat melumpuhkan semangat.



Selain itu, tulisan "von" itu seperti mengisyaratkanku untuk tidak pernah lelah berdoa, lelah memohon kepada-Nya. Mengutip dari tulisan Ustadz Quraish Shihab dalam buku Beliau bahwa ada empat bentuk pengabulan doa. Pertama, dikabulkan sesuai harapan dan waktu yang kita minta. Kedua, dikabulkan tetapi tidak sesuai dengan waktu yang kita minta atau sedikit terlambat karena hal tersebut baik untuk kita. Ketiga, dikabulkan tetapi tidak sesuai dengan harapan kita karena diganti dengan yang lebih baik. Keempat, dianugerahi yang lebih baik di akhirat. Oleh sebab itu, setelah kita berusaha, kita harus memasrahkan hasilnya kepada-Nya. Terus memohon dan memohon diberi yang terbaik oleh-Nya.

Share this:

0 comments:

Post a Comment