Beda Persepsi




Hari ke #110

Seringkali kita mengalami miskomunikasi dengan orang lain. Pun sering terjadi adu pendapat yang tidak terelakkan. Mungkin karena cara berkomunikasi kita terhadap orang lain kurang tepat. Pun mungkin karena kita memiliki persepsi yang berbeda.

Seperti, ketika memandang sesuatu, masing-masing orang memiliki persepsi yang berbeda meski objek yang dilihatnya sama. Perbedaan persepsi terjadi karena berbagai macam hal. Seperti perbedaan latar belakang, buku yang sering dibaca, tontonan yang sering dilihat, kebiasaan dalam keluarga, pengasuhan, dan kondisi emosi. Contohnya ketika kita meminta bantuan di grup, tetapi tidak ada yang meresponsnya. Karena kondisi emosi kita yang sedang dalam keadaan "butuh bantuan", pasti kita akan merasa kesal ketika tidak ada yang merespons. Padahal jika kondisi emosi kita sedang baik, kita dapat berpikir jernih, "Oh, mungkin mereka sedang ada urusan lain yang lebih penting."

Jadi, selalulah berpikir positif, berpikir jernih, dan menyadari masing-masing orang itu berbeda. Sebab bisa jadi perbedaan persepsi tersebut membuat kita berprasangka kepada orang lain.

Share this:

0 comments:

Post a Comment