Here and Now




Hari ke #109

Hampir setiap bangun tidur selalu kebingungan akan hal-hal apa dulu yang harus kukerjakan. Apalagi hari ini, efek dari kebiasaan tidur-bangun-tidur ku membuat hal-hal yang dapat diselesaikannya sebelumnya menjadi tertunda. Akhirnya pagi ini kebingungan antara membuat materi presentasi atau belajar bahasa Arab. Pada akhirnya menggunakan kebiasaanku yang lain--multitasking. Mendengarkan video tentang sharaf dan nahwu sembari membuat presentasi. Meski sampai fajar menyingsing, presentasiku belum juga selesai dan belajarku belum begitu tuntas.

Entah sudah menjadi kebiasaan atau bagaimana, seringkali aku tidak dapat fokus mengerjakan satu hal ketika ada hal lain yang dipikirkan. Hingga seringkali berujung pada kebingungan akan tugas mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Padahal ketika kuliah, sering ditekankan untuk "here and now". Untuk fokus mengerjakan satu hal dalam waktu saat ini. Seperti ketika sedang mengerjakan A di depan laptop seharusnya bukan hanya ragamu, tetapi jiwa dan pikiranmu juga sedang di depan laptop. Padahal sangat tidak mengenakkan ketika kita mengerjakan A, tetapi pikiran kita sibuk berkelana ke mana-mana. Hingga seringkali berujung pada tugas yang tidak selesai. Padahal mungkin jika menyadari akan "here and now", tugas tersebut bisa diselesaikan dengan cepat.

Aku pribadi, ketika menyadari akan ketidakfokuskanku, aku selalu berusaha untuk fokus. Caranya dengan menyadari akan tugas yang sedang kukerjakan, yang harus segera selesai. Lalu baru boleh mengerjakan tugas yang lainnya. Ya, meski terkadang pada prakteknya sulit untuk dilakukan. Namun, bukan berarti tidak bisa, selama ada kemauan untuk berubah.

No comments:

Powered by Blogger.