Melakukan Sebelum Menyuruh




Hari ke #87


Hal yang termudah untuk dilakukan adalah "menyuruh" orang lain melakukan sesuatu. Hal yang tersulit untuk dilakukan adalah melakukan sesuatu yang kita 'suruh' orang lain untuk melakukannya. Meski menyeru dalam kebaikan, tetapi agaknya akan terasa aneh jika kita sendiri tidak lakukannya.

Kita menyuruh orang untuk menulis, tetapi kita sendiri tidak menulis. Kita mengajari orang lain untuk segera menuliskan ide yang muncul, tetapi kita sendiri justru menunda-nundanya. Kita mengajak orang lain untuk rajin membaca, tetapi kita sendiri membaca satu halaman saja malas. Padahal sebelum kita menyuruh orang lain melakukan sesuatu, kita sendiri sudah mengamalkannya.

Pun seperti halnya ketika ada orang tua yang menginginkan anaknya untuk rajin membaca, tetapi orang tua tersebut justru tidak suka membaca. Padahal dibanding memberikan banyak bacaan sebagai menstimulasi anak untuk gemar membaca, anak lebih mudah meniru perilaku orang lain. Jadi akan terasa percuma jika anak diberi sebanyak apapun buku tanpa orang tua mencontohkan kebiasaan membaca. Contoh lainnya dengan membacakan buku untuk anak. Kalau kata Pak Bos, "Membacakan buku untuk anak menjadi sarana bonding antara anak dengan orang tua."

Share this:

0 comments:

Post a Comment