#5 Tempat yang Ingin Kutuju

Sunday, November 06, 2016


Bagi orang yang suka travelling pasti ada beberapa tempat yang sangat dia ingin kunjungi. Termasuk diriku. Walau traveller abal-abal dan lebih suka self-trip.
Ada beberapa tempat yang ingin kutuju, antara lain:
1. Mekah
Salah satu rukun islam yaitu naik haji (bila mampu). Sebagaimana muslim lainnya, aku pun ingin pergi ke Mekah, naik haji. Menunaikan rukun Islam kelima. Namun, sepertinya perlu waktu yang cukup untuk menabung demi menaikkan haji diriku dan keluarga intiku.
2. Puncak Mahameru



Naik gunung tidak sampai puncak seperti hanya berjalan setengah perjalanan. Dan saat ke Semeru waktu lalu aku dan teman-teman belum sempat untuk mendaki hingga Mahameru karena keterbatasan waktu. Walau Ranukumbolo memang sudah sangat indah untuk dikunjungi. Namun, sampai detik ini aku masih merasa miris dengan perkataan seorang petugas yang lebih memilih Semeru sebagai bagian dari Malang, bukan Lumajang.
3. Lombok
Lombok terkenal dengan pantainya yang banyak dan indah. Tentu juga dengan Rinjaninya. Dan aku sangat penasaran bagaimana rupa gili serta Rinjani yang ada di Lombok. Terlebih saat aku membaca novel Sunset Bersama Rosie.
4. Australia dan Jepang
Beberapa dosenku sering menyebut kedua negara tersebut. Menceritakan betapa disiplinnya orang-orang setempat, tata tertib lalu lintasnya, dan beberapa attitude lainnya. Dan membuatku merasa takjub mengapa mereka bisa seperti itu, padahal banyak yang mengatakan mereka (khususnya Barat) negara yang individualis. Sementara Indonesia yang komunal justru sering abai dengan peraturan, buang sampah sembarangan, cenderung tidak peka, dan lainnya. Terasa sangat kontradiktif dengan stereotip orang Indonesia yang ramah dan santun.
5. Pantai Sendangbiru
Menulis cerpen berlatar Pantai Sendangbiru ternyata membuatku penasaran betapa indahnya pantai tersebut. Walau katanya sekarang sudah tercemar, ramai, dan tidak sebagus dulu.
Dari lima poin tadi, ada beberapa tempat yang entah mengapa ingin kukunjungi lagi, yaitu Bandung dan Malang.
***
Yogyakarta, 5 November 2016

No comments:

Powered by Blogger.