Ada yang Berbeda dan Sama pada Ramadhan Tahun Ini

Monday, May 04, 2020


Ada yang berbeda pada Ramadhan tahun ini, pandemik yang belum tahu kapan usai. Semuanya serba #dirumahaja. Beribadah fardhu, hingga salat Tarawih.

Ada yang berbeda pada Ramadhan tahun ini. Kajian menjelang berbuka puasa yang biasanya di masjid, kini beralih ke online. Bukan hanya itu, komunitas-organisasi-majelis ilmu lainnya pun tidak kalah semangat untuk mengadakan kuliah WhatsApp/Instagram/Zoom/Telegram/YouTube.

Ada yang berbeda pada Ramadhan tahun ini. Kalau Ramadhan tahun lalu, harap-harap cemas menanti kelahiran anak pertama. Kini yang ditunggu sudah hampir menggenap setahun. Perlahan kucoba mengenalkan huruf hijaiyah melalui buku bantal, "iqra" miliknya.

Ada yang berbeda pada Ramadhan tahun ini. Dulu, kondisi hamil membuatku sulit untuk menyiapkan sahur atau buka puasa untuk Mas. Syukur saat itu ada ibu yang membantu. Dan alhamdulillah, saat ini aku bisa menyiapkan makanan untuk sahur dan takjil untuk buka puasanya Mas.

Pun ada yang sama pada Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya. Bulan Ramadhan masih menjadi bulan yang begitu istimewa. Masih dan akan terus menjadi bulan yang penuh pahala berlimpah. Orang-orang berlomba melakukan kebaikan. Orang-orang berusaha mencapai target. Dari tilawah minimal satu juz satu hari hingga bertekad untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik.

No comments:

Powered by Blogger.