Tiga Ikatan Setan



Hari ke #316

Selain tentang metode setan mengganggu manusia, ada satu hal menarik lain di bukunya Mas yang berjudul Psychology from the Islamic Perspective, yaitu tentang setan yang mengganggu manusia kala tidur. Dalam hadits Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Selama tidur, setan mengikat tiga ikatan di belakang lehermu. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, ‘Malam masih panjang, tetaplah tidur’. Jika seseorang bangun dan berdzikir kepada Allah, salah satu ikatan terbuka. Jika dia berwudhu, ikatan kedua terbuka. Ketika dia salat, semua ikatan terbuka. Setelah itu, dia akan penuh semangat dan gembira pada pagi hari. Jika sebaliknya, dia akan bangun dengan lesu dan menggerutu.”

Hadits tersebut sungguh menjadi pengingat bagi kita, terutama aku sendiri. Bahwa mungkin penyebab kita sulit bangun tengah malam karena terlena oleh bisikan setan yang menyuruh kita kembali tidur karena malam masih panjang. Bahkan seringkali kita hanya terbangun untuk mematikan alarm. Mungkin saat kita terbangun tersebut, salah satu ikatan setan terlepas. Namun, ikatan kedua dan ketiga tidak akan terlepas jika kita kembali terlelap. Dan satu-satunya cara agar semua ikatan setan tersebut terlepas yaitu dengan segera bangun, berwudhu, dan salat. Selain melepas semua ikatan setan saat kita tidur, banyak manfaat lainnya dari bangun tengah malam. Seperti dapat menjalankan ibadah malam, menghindarkan kita dari telat salat Subuh, dan membuat kita dapat menjalani rutinitas hari itu dengan penuh semangat.

Sayangnya, untuk bangun tengah malam seringkali terasa sulit. Di salah satu WhatsApp story seorang kawan, kalau kita masih bangun malam karena alarm, mungkin ada yang salah dengan iman kita. Membaca itu rasanya begitu tersindir dan membuatku merenung. Namun, seringkali memang benar. Mungkin ada dosa yang kita lakukan sebelum tidur sehingga kita sulit sekali untuk bangun malam. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa kiat yang pernah disampaikan beberapa ustadz agar kita dapat bangun malam. Pertama, wudhu sebelum tidur. Kedua, merapikan tempat tidur. Ketiga membaca surat Al-Baqarah atau empat ayat pertama surat Al-Baqarah,ayat kursi dan dua ayat setelahnya, serta dua ayat terakhir surat Al-Baqarah. Keempat, setelah itu membaca surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan surat An-Nas. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa amalan yang dianjurkan dilakukan sebelum tidur adalah membaca surat Al-Mulk. Kelima, berdoa. Dan langkah terakhir adalah tidur dengan posisi miring ke kanan.

Kiat-kiat tersebut dapat memudahkan kita untuk bangun tengah malam. Selain itu dapat menjaga kita dari gangguan setan kala malam. Sebab, godaan setan itu begitu besar saat malam hari. Pun dapat menjadi amalan kita karena seringkali musibah terjadi saat manusia sedang terlelap tidur. 

No comments:

Powered by Blogger.