Kali Pertama Membuat Steak Kambing



Hari ke #315

Sabtu sore pekan lalu, tiba-tiba Mas mengajakku membuat steak kambing. Keningku mengerut karena tidak tahu cara membuatnya dan menyangsingkan Mas dapat membuatnya. Ternyata pikiranku salah. Mas ternyata sudah mencari lebih dulu resep membuat steak. Lalu Mas mengeluarkan paha kambing yang telah dua bulan lebih tersimpan di freezer. Selepas Isya kami baru mulai memasak steak kambing, setelah Mas membeli berbagai bahannya. Dalam membuat steak ternyata ada empat langkah besar yang harus kami lakukan, yaitu membuat bumbu marinade untuk mengoles daging yang akan di-steak, memasak setup sayuran, membuat saus steak, dan menyiapkan adonan tepung krispi.

Sebelum membuat steak, yang paling pertama menyiapkan bahan-bahannya. Selain daging kambing yang diiris tipis melebar, bahan-bahan lain yang perlu disiapkan, yaitu:

A. Bahan untuk membuat bumbu marinade

1. Tiga bawang putih yang telah diulek
2. Setengah sachet Saori saus tiram
3. Setengah sendok teh merica bubuk
4. Dua saus sambal sachet

B. Bahan setup sayuran

1. Jagung secukupnya 
2. Kentang secukupnya
3. Buncis secukupnya
4. Wortel secukupnya

C. Bahan saus steak

1. Dua buah tomat yang telah direbus, kulit dan bijinya dibuang. Setelah itu diulek. 
2. Satu sendok tepung terigu
3. 10 ml atau satu sendok makan saus tiram sachet 
4. Dua saus sambal sachet
5. Empat siung bawang putih cincang halus
6. Empat siung bawang merah cincang halus
7. Setengah buah bawang bombay, cincang halus
8. Satu sendok teh garam
9. Setengah sendok makan gula pasir
10. 200 ml air
11. Satu sendok teh merica bubuk

D. Bahan adonan tepung krispi

1. Dua butir telur
2. 150 gram tepung terigu
3. Satu sendok makan tepung maizena
4. Satu sendok teh merica bubuk

Cara membuat:
1. Bumbu marinade: masukkan tiga bawang putih yang telah diulek, setengah sachet saus tiram, dua sachet saus sambal, dan setengah sendok teh merica bubuk ke dalam wadah. Setelah itu, aduk hingga semua bahan tercampur.
2. Pipihkan daging kambing kemudian olesi dengan bumbu marinade tersebut sembari ditekan-tekan. Setelah itu diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.
3. Sembari menunggu bumbu marinade meresap ke daging, siapkan setup sayuran dan adonan tepung krispi.
4. Setup sayuran: rebus air. Sembari menunggu mendidih, potong kentang, buncis, dan wortel dengan bentuk sesuai selera; keruk jagung. Setelah mendidih masukkan semua sayuran tersebut hingga empuk. Jika sudah empuk, tiriskan.
5. Saus: tumis bawang putih terlebih dahulu. Setelah baunya wangi, masukkan bawang merah dan bawang bombay. Kemudian masukkan tomat, aduk merata. Lalu masukkan satu sendok tepung terigu, 1 ml atau satu sendok makan saus tiram sachet, dua saus sambal sachet, satu sendok teh garam, setengah sendok makan gula pasir, satu sendok teh merica bubuk, dan 200 ml air. Aduk hingga mengental.
6. Adonan tepung krispi: siapkan dua wadah. Masukkan dua butir telur ke wadah pertama, kemudian kocoklah. Lalu masukkan 150 gram tepung terigu, satu sendok makan tepung maizena, satu sendok teh merica bubuk ke wadah kedua, aduk merata.
7 Setelah 30 menit daging kambing didiamkan, oleskan daging tersebut dengan bumbu marinade.
8. Setelah tercampur dengan bumbu, gulingkan daging kambing ke adonan tepung lalu celupkan ke kocokan telur kemudian gulingkan kembali ke adonan tepung sembari dicubit-cubit agar keriting.
9. Kemudian masukkan daging kambing yang telah dibaluri adonan tepung kripsi tersebut ke minyak yang panas. Goreng hingga matang.
10. Setelah matang, tiriskan.
11. Sajikan daging kambing tersebut ke dalam piring lalu lengkapi dengan setup sayuran. Kemudian siram saus ke daging kambing dan setup sayuran tersebut.

Kami segera mencicipi steak kambing tersebut. Ternyata rasanya sangat enak, meski dagingnya belum sekrispi yang ada di Waroeng Steak. Namun, aku hanya menyantapnya dua potong karena perempuan yang sedang hamil tidak boleh terlalu banyak dan terlalu sering memakan daging kambing.

No comments:

Powered by Blogger.