Salah Satu Cara Setan Menggoda Manusia




Hari ke #304

Awal bulan lalu, Mas mengirimiku sebuah e-book berjudul Psychology from the Islamic Perspective. Dan kemarin baru sempat membaca salah satu bacanya. Bab yang kubaca berjudul Setan, Jin, dan Manusia. Ternyata pembahasannya cukup menarik. Ketika membacanya serasa sedang me-recall apa yang kuketahui tentang hal tersebut.

Pembahasan yang paling menarik di bab ini yaitu tentang metode setan. Salah satunya membahas sekilas tentang mendekat secara bertahap. Sebab, ketika membaca bagian ini, aku teringat dengan materi kajian yang pernah kuhadiri.

Pada metode mendekat secara bertahap ini, setan sangat paham kalau jika dia langsung menuntut manusia melakukan dosa besar, maka itu tidak akan berhasil. Sepertinya setan tahu jika manusia sudah paham tentang dosa-dosa besar. Maka, setan pun mengambil langkah dengan mendekati manusia secara bertahap. Kalau di salah satu kajian, setan akan menggoda manusia dari hal-hal yang kecil. Sebab, ketika manusia sudah terbiasa melakukan dosa-dosa kecil, setan akan mudah mengarahkan manusia untuk melakukan dosa besar.

Contohnya, ada seorang siswa yang ketika SMA dia tidak minum alkohol. Begitu kuliah, dia bertemu teman-teman baru yang suka minum alkohol. Suatu hari, dia diundang teman-temannya ke sebuah tempat yang ada alkoholnya. Dia menolak, tetapi mereka meyakinkannya bahwa dia tidak perlu minum, dia cukup datang dan menikmati suasana tersebut. Namun, ketika dia sudah datang di tempat tersebut, semua orang minum alkohol. Tiba-tiba, seseorang meletakkan segelas alkohol di depannya dan menyuruh untuk menyesap. Dia pun memutuskan untuk mencobanya dan mengatakan hanya akan meminumnya sekali. Di acara-acara berikutnya, dia minum segelas penuh alkohol hingga akhirnya dia menjadi pemabuk berat dan kecanduan alkohol.

Dari cerita tersebut, terlihat sekali kalau cara setan menggoda manusia itu begitu pelan dan tertata rapi. Dan sebagai manusia, kita harus wawas diri. Sebab, setan begitu lihai dalam menggoda manusia. Dan cara untuk melindungi kita dari godaan setan adalah meminta perlindungan Allah, baik dengan berzikir atau membaca Alquran.

No comments:

Powered by Blogger.