Obrolan Tentang Apa yang Orang Lihat

Monday, October 22, 2018



Hari ke #292

Kemarin mengobrol dengan seorang kawan yang cukup lama tidak berjumpa. Obrolan yang membuatku mengangguk setuju. Dia berkata kalau orang luar melihat organisasi yang kami ikuti mungkin akan menganggap "wah", "keren". Padahal mereka tidak ada yang tahu apa yang terjadi di dalam.

Obrolan itu membuatku berpikir sejenak, bahwa memang seharusnya orang luar tidak berhak mengetahui apa yang terjadi sebenarnya di dalam. Mungkin bukan hanya di organisasi kami, tetapi juga di organisasi lainnya. Bukan semata untuk menciptakan pencitraan yang baik, tetapi hal itu memang bukan sesuatu yang pantas diutarakan ke orang-orang luar.

Obrolan itu membuatku berpikir, bahwa seharusnya begitupun dengan keluarga dan rumah tangga. Bahwa apa yang terjadi di dalam keluarga atau rumah tangga tidak perlu diceritakan ke orang lain. Tidak perlu diumbar ke media sosial. Sebab hanya kita dan pasangan yang perlu tahu. Dan ketika satu langkah keluar dari rumah, kita berkewajiban untuk menutup segala yang terjadi di dalam rumah.

No comments:

Powered by Blogger.