Sekumpulan Hikmah dari Ustadz Abdul Somad




Hari ke #299

"Hidup ini seperti bahtera di lautan. Di atas ombak ada ombak kencang yang menghadang. Dari bawah ada batu karang yang besar. Tak ada yang bisa menguatkan hidup ini, kecuali Allah Ta'ala."-Ustadz Abdul Somad

Sama seperti judulnya, komik ini bercerita tentang Ustadz Abdul Somad. Tepatnya tentang beberapa penggalan ceramah dan perjalanan singkat hidup Beliau. Salah satu kisah menarik dalam komik ini yaitu tentang anak-anak yang berada di masjid. Seingatku ada dua kisah serupa dalam komik ini.

Dalam kisah tersebut ada seorang takmir masjid yang kesal dengan anak-anak yang berlarian di dalam masjid. Ketika Ustadz Abdul Somad melihat kejadian tersebut, Beliau menegur sang takmir agar tidak memarahi anak-anak tersebut. Sebab, 10-20 tahun lagi merekalah yang akan meramaikan masjid. Untuk itu, harus disyukuri ketika ada anak-anak dalam masjid. Setelahnya, Beliau menegur anak-anak tersebut untuk tidak berlarian ketika sedang ada salat berjamaah.

Membaca kisah tersebut aku mengangguk setuju. Meski terkadang aku pun sempat kesal jika ada anak-anak yang ramai di masjid. Setelah membaca kisah tersebut aku jadi tersadar bahwa kalau sedari kecil anak tidak dikenalkan dengan masjid, ketika dia beranjak remaja atau dewasa, kemungkinan besar dia akan asing dengan masjid. Namun, ketika kita ingin mengenalkan anak dengan masjid, kita pun harus memberi arahan kepada anak untuk tidak melakukan hal-hal tertentu di masjid. Seperti berlarian atau mengganggu jamaah ketika sedang salat.

Selain kisah tersebut, ada kisah-kisah lainnya yang menarik untuk dibaca. Dan tentunya banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah-kisah tersebut. Apalagi kisah-kisah tersebut dituangkan ke dalam bentuk gambar sehingga membuat pembaca tidak bosan dan mudah mencernanya.

No comments:

Powered by Blogger.