Refleksi Tentang Takwa




Hari ke #295

"Jangan-jangan, kita hanya merasa bertakwa ketika di masjid, hanya ketika dalam jamaah," ujar sang ustadz membuka pengajian sekolahnya Mas tadi pagi. Seketika membuatku berkaca dan tertampar. Bahwa jangan-jangan aku termasuk orang yang seperti itu.

Dari kalimat pembuka tersebut sang ustadz ingin mengajak kami yang hadir tentang takwa. Seperti dalam surat Ali Imran ayat 102 bahwa sebagai seorang yang beriman, kita harus bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya takwa. Jangan hanya ketika sedang dalam majelis. Jangan hanya ketika berada di masjid. Jangan hanya ketika sedang berjamaah.

Ketika kita bertakwa kepada Allah, ada manfaat-manfaat yang akan kita rasakan. Salah satunya Allah akan memberikan solusi dari masalah yang sedang kita hadapi. Allah akan mempermudah segala urusan, selama kita bertakwa kepada-Nya. Sebab itu merupakan janji Allah kepada hamba-Nya yang taat.

Selain itu, kita juga diperintah Allah untuk menjaga keimanan dalam setiap kondisi. Jangan terlena oleh urusan dunia semata. Pun jangan menggadaikan agama untuk urusan dunia. Sebab, dunia ini hanyalah sementara.

No comments:

Powered by Blogger.