Sepiring Bersama


 


Hari ke #237

Teringat lima tahun ketika kali pertama makan bersama dalam satu wadah. Kala itu sedang training kepemimpinan untuk anggota baru. Uniknya, setiap sesi makan, bentuk makan bersamanya bukan prasmanan atau menggunakan nasi kotak. Namun, makan bersama dalam satu tampah yang telah berisi nasi, sayur, lauk, dan kerupuk. Meski begitu, rasanya sangat nikmat.

Pun setelah menikah seperti ini. Jarang sekali kami makan dalam piring yang berbeda. Hampir selalu dalam piring yang sama. Kalau katanya Mas, ada sebuah hadits yang mengatakan kalau ada beberapa orang yang mendatangi Rasulullah SAW. Mereka mencari penyebab kenapa mereka makan tetapi tetap tidak kenyang, serta solusi untuk mengatasinya.

Kemudian Rasulullah SAW mengatakan, "kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri." Mereka pun mengiyakan. Kemudian Rasulullah SAW menganjurkan kepada mereka untuk makan bersama dalam satu wadah. Sebab satu piring dapat untuk dua orang, dua piring dapat untuk tiga orang, dan seterusnya. Selain itu, ada keberkahan yang tersimpan ketika makan bersama dalam satu wadah.

No comments:

Powered by Blogger.