Perempuan yang Bekerja Part 3



Hari ke #229

Menjadi pemandu anggota baru @flpyogya yang mayoritas telah berstatus sebagai "istri dan ibu" agaknya tidak akan terlepas dari obrolan tentang kerumahtanggaan. Berbagi cerita tentang kehidupan rumah tangganya. Berbagai petuah pun mereka sampaikan kepada kami.

Salah satu petuah yang paling kuingat yaitu mengenai pembagian waktu antara membersihkan rumah dengan melakukan hal yang kita suka. Ternyata salah satu cara agar keduanya seimbang, seorang istri harus sudah selesai membersihkan rumah pukul 07.00. Ketika mendengar hal itu, aku merasa terkejut sekaligus tersindir. Tidak heran sebenarnya jika banyak perempuan yang telah menikah bangun sangat pagi. Bahkan terkadang lebih dulu bangun dibanding sang suami.

Dulu, sempat terbesit dalam pikiranku, "buat apa ya bangun sepagi itu--selain untuk salat malam?" Setelah mengalaminya sendiri, ternyata sangat perlu untuk bangun sangat pagi. Ada saja yang harus dilakukan setelah bangun. Kalau kata Mama, setelah bangun tidur itu harus menyalakan kompor. Mungkin itu kalimat konotasi agar sebagai istri harus bangun pagi. Entah untuk membersihkan setiap sudut rumah, mencuci, maupun memasak. Apalagi memasak, kalau belum terbiasa melakukannya akan memakan waktu yang lama. Dari mulai menyiapkan bahan hingga mengolahnya.

No comments:

Powered by Blogger.