Perjalanan Pulang Part 2



Hari ke #231

Sore ini kami kembali ke Jogja. Tadinya, kupikir kami akan merasakan kemacetan ketika di Kebumen. Ternyata dugaanku salah.

Efek pawai ternyata mengakibatkan kemacetan berkepanjangan. Jalan di daerah Kalibagor- Banyumas yang biasa dilewati kendaraan besar tiba-tiba ditutup karena pawai. Para pengendara pun dialihkan ke Jalan Pemotongan, jalan yang lebih sempit dibanding jalan yang biasa dilewati. Bahkan ukurannya hanya bisa dilewati dua mobil berukuran sedang.

Di awal memasuki Jalan Pemotongan masih terasa lancar. Begitu memasuki sepertiga jalan, sudah terasa padatnya. Kendaraan-kendaraan besar terlihat dari dua sisi jalan. Entah bus maupun truk tronton. Mereka mengantre untuk terbebas dari kemacetan. Lain lagi dengan para pengendara motor--termasuk kami--yang merangsek di antara kerumunan mobil, bus, maupun truk. Sesekali bersabar, sesekali berjalan lambat, sesekali berlari cepat--meski sebentar. Mungkin hampir 30 menit kami berusaha terbebas dari kemacetan. Begitu kami dapat keluar dari kemacetan, ternyata masih banyak kendaraan-kendaraan besar yang mengantre dari arah selatan. Sepertinya mereka menunggu kendaraan dari arah utara dapat bergerak semua. Sehingga mereka memiliki celah untuk bergerak ke utara.

Satu yang disayangkan dari kemacetan tersebut yaitu tidak ada petugas yang mengatur jalan. Hanya mengalihkan jalan tanpa ada yang mengaturnya. Kami pun bersyukur karena menggunakan motor. Meski akhirnya ketika memasuki Kebumen kami harus berdesak-desakkan dan beradu dengan kendaraan lain.

No comments:

Powered by Blogger.