Sebuah Notula: Idul Adha, Berkurban, dan Bermanfaat untuk Orang Lain




Hari ke #226



Dalam sebuah kajian Ahad ini di dekat kontrakan, sang ustadz membahas tentang Idul Adha dan berkurban. Mungkin karena sebentar lagi Hari Idul Adha akan datang. Salah satu sunnah menjelang Idul Adha yaitu puasa arafah, yang dikerjakan sehari sebelum Idul Adha atau 9 Dzulhijah. Hikmah dari puasa arafah yaitu diampuni dosa kita setahun yang akan datang. Maknanya yaitu kita akan dipermudah melakukan amal saleh sehingga terhindar dari melakukan dosa.



Dasar dari perintah berkurban terdapat dalam surat Al-Kautsar. Di surat tersebut Allah menyuruh hamba-Nya untuk salat dan berkurban. Sebab itu merupakan cara yang Allah perintahkan kepada kita untuk bersyukur atas nikmat yang telah Allah beri. Ketika kita bersyukur kepada Allah pun merupakan pertanda bahwa kita benar-benar menyembah Allah. Untuk itu kita tidak perlu takut dengan nikmat Allah yang belum datang kepada kita. Namun, kita boleh bahkan harus takut dan gelisah ketika belum mensyukuri nikmat yang telah Allah beri. Dalam keadaan apapun, kita harus bisa mengucap "alhamdulillah". Dan beribadah kepada Allah merupakan cara mensyukuri nikmat-Nya.



Seperti dalam surat Al-Kautsar tersebut, salat dan berkurban itu merupakan salah dua ibadah yang menjadi cara kita untuk mensyukuri nikmat-Nya. Beribadah itu harus lillah (karena Allah) dan billah (kita dapat beribadah atas pertolongan Allah). Sebab ketika kita beribadah bukan karena Allah, kita akan mendapat lelahnya saja. Berkaitan dengan Idul Adha, ada dua hikmah berkurban. Pertama, secara spiritual, berkurban membuat kita semakin dekar kepada Allah (terdapat dalam surat Al-Hajj ayat 37). Kedua, secara sosial, berkurban akan memunculkan kebersamaan di antara masyarakat sosial, mengurangi jurang pemisah antara si kaya dan miskin, serta latihan menjadi orang yang rela berkorban. Sebab, sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat untuk orang lain. Meski kita belum dapat berkurban, tetapi kita dapat membantu lingkungan sosial kita untuk melaksanakan kurban. Seperti membantu menyembelih, memotong dagingnya, atau memasak.

No comments:

Powered by Blogger.