Mendengar Hal yang Menyenangkan Atau yang Seharusnya Didengar?




Hari ke #25

Hari ini serasa diingatkan kembali tentang ucapan yang pernah kuucap ke seorang teman. "Terkadang kita hanya ingin mendengar apa yang ingin kita dengar, bukan yang seharusnya kita dengar." Sebuah ucapan yang terinspirasi dari drama korea Pinnochio.

Ya, seringkali kebanyakan orang, termasuk aku, lebih senang ketika mendengar sesuatu yang menyenangkan. Sesuatu yang ingin kita dengar. Namun, ketika ada orang lain yang mengkritik kita, rasanya seperti terhenyak. Sesuatu yang terasa menyakitkan, yang ingin kita sangkal, tetapi apa yang diucapkan orang tersebut memang benar adanya.

Mungkin kita terlalu sering dipuji, terlalu sering mendengar hal-hal menyenangkan dari diri kita. Mungkin kita tidak siap menerima ketika ada yang mengkritik. Ketika ada yang berkomentar negatif tentang diri kita. Padahal itu sesuatu yang seharusnya kita dengar. Namun, yang terpenting sebenarnya bagaimana sikap kita ketika ada orang yang mengkritik kita. Dibanding menggerutu dan kesal, lebih baik untuk berintrospeksi dan memperbaikinya.

Share this:

0 comments:

Post a Comment