Sebuah Tips dalam Menjalani Peran Sebagai Ibu Baru

Wednesday, January 22, 2020


Menjadi ibu bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika menjadi ibu baru. Kurangnya pengalaman dan ketidaktahuan dalam merawat bayi seringkali memicu munculnya emosi negatif kita, para ibu baru. Hingga tidak jarang dapat berdampak ke depresi pasca persalinan atau juga baby blues. Padahal, jika tidak bahagia, apalagi sampai depresi tentu sangat memengaruhi produksi ASI kita. Mengingat betapa menantangnya menjadi ibu, berikut ada beberapa tips yang kudapat dari grup maupun pengalaman pribadi dalam menghadapi peran menjadi ibu baru:

1. Perbanyak ilmu dan informasi seputar per-bayi-an

Setelah ada Umar, kusadari bahwa poin ini sangatlah penting. Sebab, jika kita kurang ilmu akan terjebak pada mitos yang seringkali "katanya-katanya". Dengan banyaknya ilmu yang kita miliki, tentu nantinya dapat menangkal hal tersebut. Jadi, sebisa mungkin, saat masa kehamilan perbanyaklah informasi seputar hal tersebut agar tidak kaget.

2. Makan dan minum secukupnya

Seringkali kita menjadikan anak sebagai alasan untuk telat dan kurang makan atau minum. Padahal kita sangatlah membutuhkan nutrisi yang banyak. Terutama dalam memproduksi ASI. Jadi, jangan lupa makan dan minum secukupnya. Karena sekaeang apa yang kita makan atau minum bukan hanya untuk kita, tetapi juga untuk anak.

3. Meminta dukungan orang terdekat

Stres, bahkan depresi, ataupun gangguan psikologis lainnya seringkali terjadi karena tidak adanya dukungan dari orang terdekat. Bahkan, seringkali orang terdekat menjadi penyebabnya. Seperti menuntut kita berbagai hal hingga mencerca apa yang kita lakukan. Maka, carilah dukungan orang terdekat yang kita percaya dapat mendukung kita. Seperti meminta dukungan dari suami. Atau bisa juga bergabung ke grup yang anggotanya sedang mengalami hal serupa.

4. Me-time

Sejenak melakukan me-time menurutku dapat menjaga kewarasan kita setelah seharian bersama anak. Entah dengan membaca buku atau sekadar minum teh. Atau melakukan berbagai hal lainnya ketika anak tidur atau sedang bersama ayahnya.

5. Perkuat doa dan istighfar

Perkuat dan perbanyaklah doa serta istighfar. Sebab, seringkali merawat dan mengasuh bayi itu bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi jika kita sedang lelah atau tidak enak badan. Beristighfarlah dalam setiap kesempatan. Pun berdoalah agar dimudahkan dalam merawat dan mengasuh bayi.

No comments:

Powered by Blogger.