Sebuah Support Group yang Men-support

Thursday, January 16, 2020


Setelah pernah mengalami persalinan dan sekarang punya anak, kusadari bahwa support system itu sangatlah penting. Entah dari suami maupun orang terdekat lainnya. Selain itu, berteman dengan orang yang mengalami hal serupa juga dapat menjadi support system yang baik. Salah satu caranya dengan bergabung ke grup yang anggotanya juga sama dengan kita.

Berawal dari ajakannya mbak Dina (@ardila.hijab) pertengahan Juli tahun lalu, bergabunglah aku ke salah satu support group-nya @healthcarepedia.id. Grup Menyusui dan MP-ASI 3. Sebuah grup yang berisi sekumpulan ibu-ibu yang mayoritas ibu baru. Namanya perempuan, pastilah berisik kalau mengobrol dengan orang yang sedang mengalami hal serupa.

Aku teringat pembicaraan singkat usai acara dengan mbak @amandakurniasih pertengahan November lalu. Beliau mengatakan bahwa @healthcarepedia.id terbentuk karena melihat keresahan para ibu yang merasa kurang bermanfaat orang lain atau umat kalau di rumah saja. Galau karena ingin tetap bermanfaat untuk orang lain, tetapi tanpa meninggalkan kewajiban merawat anak, suami, dan rumah.

Adanya @healthcarepedia.id dan grupnya, bagiku sendiri terasa sekali manfaatnya. Terutama bagi para ibu baru sepertiku. Ibu baru yang belum mengerti betul tentang perawatan bayi dan segala mitos-faktanya. Hingga seringkali mendapat nyinyiran orang sekitar.

Dari grup ini, aku belajar tentang posisi dan pelekatan yang benar, adab tidur bagi anak, baru tahu soal wonder week dan growth spurt, MP-ASI, hingga seputar interaksi dengan suami. Dari grup ini aku tahu bahwa ibu menyusui harus bahagia, serta tercukupi gizi dan tidurnya karena sangat memengaruhi produksi ASI. Dari grup ini juga aku semakin sadar bahwa dukungan orang terdekat, terutama suami sangatlah penting.

Selain itu, hal yang kusuka di grup ini yaitu tidak hanya memberikan informasi dan dukungan secara medis, tetapi juga secara agama. Kami juga selalu diingatkan untuk perbanyak istighfar, berdoa, dan memohon pertolongan-Nya. Karena merawat bayi sangatlah tidak mudah.

Jazakunallah buat founder, pengurus, dan adminnya @healthcarepedia.id 🙏

No comments:

Powered by Blogger.