Trolls: Pencarian Makna Kebahagiaan



Judul : Trolls
Pengisi Suara : Anne Kendrick, Justin Timberlake, Zooey Deschanel, Christopher Mintz-Plasse, Russell Brand, Gwen Stefani, James Corden, 
Genre : Animasi Musikal
Sutradara : Mike Mitchell
Tanggal Rilis : 4 November 2016
Durasi : 93 menit
Produksi : DreamWorks Animation

"Kebahagiaan itu ada dalam diri kita semua kan? Kadang kau hanya butuh bantuan seseorang untuk menemukannya."-Branch
Pernah mendengar bahwa kebahagiaan itu ada dalam diri setiap manusia? Sering juga kita mendengar bahwa bahagia itu sederhana. Namun, terkadang, kita sulit untuk menemukan kebahagiaan yang sederhana tersebut dalam diri kita. Mungkin lebih tepatnya kita yang tidak menyadari kebahagiaan yang kita miliki tersebut. Pertanyaan dan pernyataan tersebut seakan terjawab dalam film animasi Trolls ini. 

Film yang didasarkan pada karakter boneka Trolls karya Thomas Dam ini mengisahkan dua tempat yang berkebalikan, Trolls dan Bergens. Trolls dikenal sebagai tempat warna-warni dengan orang-orang yang selalu bahagia. Sementara Bergens dikenal sebagai tempat yang kelabu dengan orang-orang yang selalu murung. Penduduk Bergens akan bahagia jika memakan penduduk Trolls sehingga di sana terdapat tradisi Trollstice. Sebuah tradisi saat penduduk Bergens disajikan 'hidangan' dengan menu trolls untuk merasakan sebuah kebahagiaan. Hingga suatu hari, saat anak raja yang bernama Gristle mendapat giliran untuk memakan salah satu troll, ternyata troll tersebut palsu. Penduduk Trolls berhasil mengelabui penduduk Bergens, dengan menukar Princess Poppy--anak Raja Trolls Village--dengan troll palsu. 

Sejak saat itu, penduduk Trolls hidup damai di tempat persembunyian mereka yang baru. Sejak saat itu mereka bisa melakukan kebiasaan mereka dengan bebas. Bernyanyi, menari, dan berpelukan. Hingga suatu hari, saat mereka sedang mengadakan pesta, entah bagaimana caranya orang-orang Bergens menemukan mereka. Beberapa dari mereka bahkan berhasil ditangkap, sementara warga Trolls yang lain tetap bertahan di desanya. Poppy lah satu-satunya warga yang bertekad untuk menyelamatkan penduduk yang tertangkap. Walau penduduk Trolls Village lainnya, bahkan ayahnya meragukannya, Poppy tetap bersikukuh untuk pergi ke Bergens Town. Poppy pun memaksa Branch, satu-satunya penduduk Trolls Village yang tidak suka bernyanyi, menari, dan berpelukan untuk membantunya pergi ke Bergens Town. Walau awalnya menolak, pada akhirnya Branch pun menerima ajakan tersebut. Ternyata perjalanan menyelamatkan penduduk Trolls Village bukan hanya penyelematan biasa. Perjalanan ini mengubah pandangan Branch, Bridget, Gristle, bahkan penduduk Bergens Town tentang kebahagiaan. 

Menonton film Trolls ini kita seperti diajak menyelami makna sebuah kebahagiaan. Bahwa kebahagiaan sejatinya memang ada dalam diri setiap manusia. Kita hanya perlu menyadarinya. Walau terkadang kita perlu 'seseorang', entah sahabat atau siapapun untuk menyadarkan kita tentang arti kebahagiaan tersebut. Seperti Branch yang 'baru' menemukan arti kebahagiaannya saat ikut dalam perjalanan menyelamatkan penduduk Trolls Village bersama Poppy. Begitu pun saat Poppy merasa terpuruk, putus asa tidak dapat menyelamatkan penduduk Trolls Village, Branch lah yang menyemangati Poppy dengan menyanyikan sebuah lagu berjudul True Colors. Sebuah lagu yang dinyanyikan oleh pengisi suara Branch dan Poppy. Sebuah lagu yang membuat film Trolls ini menjadi semakin epic dan apik untuk ditonton. Don't be afraid to let them show your true colors. Scene Branch yang menyanyikan lagu tersebut untuk Poppy hingga 'true colors'-nya muncul itulah yang menurutku menjadi scene terbaik dalam film ini.

***
Sumber gambar: di sini

Share this:

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. saya ragu sebenarnya nonton trolls apa ngga karena saya tidak terlalu tertarik. tapi begitu lihat reviewnya jadi pengen lihat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak tertarik mba? hehe. Nonton aja mba, bagus kok :D

      Delete