#4 5 Tips Menjadi Mahasiswa



Dunia perkuliahan dan dunia SMA memang berbeda jauh. Baik dari segi waktu pembelajaran, tugas, sampai lingkungannya. Apalagi jika kuliah di perantauan yang dari segi budaya sedikit berbeda dengan daerah asal. Memasuki tahun keempat kuliah ini dan masih berkutat dengan skripsi, ada beberapa tips agar masa-masa mahasiswamu tidak sia-sia. 

1. Sadari Passion 

Beruntunglah bagi kamu yang sudah menyadari bakat dan minatmu di bidang. Namun, bagi kamu yang belum menyadari, segeralah sadar. Segeralah temukan passion-mu, segeralah sadari bakat dan minatmu di bidang apa. Apakah dunia kepenulisan, dakwah, seni, sosial, atau hal lainnya? Sebab, saat kamu telah menyadari passion-mu di bidang apa, suatu saat nanti bukan kamu yang mencari rumah untuk menampung passion-mu. Namun, rumah itulah yang akan menemukanmu. 

2. Ikut Organisasi atau Komunitas 

Setelah menyadari passion, ikutilah organisasi atau komunitas yang sesuai dengan passion-mu. Baik di dalam kampus, maupun di luar kampus. Selain menyalurkan passion dan mengembangkan bakat, mengikuti organisasi atau komunitas juga akan menambah jaringan pertemanan. Apalagi jika kamu mengikuti organisasi atau komunitas di luar kampus, yang anggotanya berada di luar kota, jaringan pertemananmu mencakup wilayah yang luas. Tidak melulu lingkungan kampus. Salah satu keuntungannya yaitu kita tidak perlu repot mencari tempat penginapan ketika self-trip ke luar kota. 

3. Belajar di Luar

Belajar itu tidak harus di kampus. Kita bisa juga belajar dengan menghadiri suatu seminar, talkshow, workshop, conference, atau kajian keagamaan. Apalagi di Jogja ini, banyak sekali acara seminar dan sejenisnya dari berbagai bidang dengan pembicara atau pemateri yang expert di bidangnya. Tentu, dengan belajar di luar ini dapat memperdalam bakatmu, pun mempelajari bidang lainnya yang mungkin kamu tertarik. Bahkan sekarang banyak juga yang mengadakan kuliah pra nikah.

4. Utamakan Prioritas 

Mengikuti organisasi, komunitas, atau hal-hal lainnya di luar kampus terkadang membuat kita keasyikkan sehingga lupa tujuan utama ke perantauan itu untuk kuliah. Terkadang saking asyiknya, kita sering prokrastinasi (menunda-nunda pekerjaan) dalam mengerjakan tugas kuliah. Bahkan sering mengerjakan beberapa saat sebelum deadline pengumpulan tugas. Jadi, harus pintar-pintar bagi waktu antara tugas kuliah dan aktivitas di luar kuliah. Dan tetaplah utamakan prioritas, yaitu kuliah dan tugas-tugasnya, seperti skripsi. 

5. Jaga Kesehatan 

Ya, saking sibuk dengan organisasi atau komunitas yang kita ikuti serta tugas kuliah yang kita kerjakan kita lupa makan, begadang, dan kawan-kawannya. Sesibuk apapun kamu, tetaplah jaga kesehatan. Atur pola tidur dan makan sebaik mungkin. Sebelum nantinya satu per satu organ tubuhmu memberontak karena kamu sering mengabaikannya. 

Share this:

0 comments:

Post a Comment