#1 3 Kebiasaan yang (Mungkin) Dapat Ditiru




Secara umum kebiasaanku banyak yang buruk. Seperti prokrastinasi, mengerjakan tugas mepet deadline, tidur di depan laptop yang masih menyala, dan lain sebagainya. Kebiasaan terbaikku adalah aku menyadari kalau aku punya kebiasaan buruk. Namun, dari sekian kebiasaan burukku, ada beberapa kebiasaan baik yang sepertinya dapat dicontoh oleh orang lain. 

Apa itu?

1. Membawa Laptop Saat Berpergian 

Aku sering sekali membawa laptop saat pergi ke luar. Apalagi kalau berjam-jam di luar. Entah ini kebiasaan baik atau bukan, dan dapat ditiru atau tidak, setidaknya dengan membawa laptop aku tidak membuang-buang waktu. Dan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin walau sekecil apapun. Apalagi saat kontrol dokter yang biasanya lebih lama menunggu kedatangan dokter dan nama kita dipanggil dibanding saat diperiksanya. 

2. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran 

Entah ini karena efek ingin menjadi mahasiswa Akuntansi tapi tidak terwujud, yang jelas, sejak semester 1 aku mulai mencatat segala pemasukan dan pengeluaranku. Setiap harinya, setiap transaksi yang kulakukan di satu hari itu akan kutulis di buku khusus. Biasanya hanya dituliskan dalam bentuk jurnal umum, tidak pernah sampai membuat neraca, laporan perubahan modal, dan kawan-kawannya. Walau tidak signifikan menekan pengeluaran, setidaknya dengan mencatatnya aku jadi tahu uang yang kuterima dari mana saja dan untuk apa saja. Ya, setidaknya lebih jelas wujud dari uang yang dikeluarkan itu untuk apa. 

3. Menyimpan Sampah di Tas 

Ini agak jorok sih sebenarnya, tapi sejak SMA aku suka menaruh sampah di tas. Terlebih saat aku tidak menemukan tempat sampah di sekitarku atau menemukan tapi terlalu malas untuk bergerak. Pada akhirnya sampah-sampah itu tersimpan rapi di tasku. Dan baru kubuang ketika aku menemukan tempat sampah. Ya, pikirku, setidaknya lebih baik menyimpan sampah di tas daripada membuangnya di sembarang tempat. 

Share this:

    Blogger Comment
    Facebook Comment

7 comments:

  1. Kalo aku pake aplikasi android bukan catat keuangan hehehe lebih praktis soalnya.

    ReplyDelete
  2. aku jarang bawa laptop , nah kalau yang nomer tiga selalu

    ReplyDelete