Rak Buku dan Rooftop, Dua Spot Favoritku di Perpustakaan Nasional

Saturday, May 08, 2021



Sebagai orang yang cinta dan berjualan buku, perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Dari beberapa perpustakaan yang pernah kukunjungi, @perpusnas.go.id lah perpustakaan yang paling keren dan menarik perhatian. Alhamdulillah, tiga tahun lalu sempat berkunjung ke sana.

Ada dua spot favoritku di Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Pertama, rak buku yang menjulang tinggi di lobi utama. Begitu memasuki Perpusnas, keberadaannya sudah membuatku takjub. Sebab, ratusan bahkan mungkin ribuan buku langsung menyambut kedatanganku. Lalu kutelusuri setiap sudut perpustakaan berlantai itu. Memasuki ruangan setiap lantainya.

Spot kedua yang menjadi favoritku yaitu lantai 24 bagian layanan buku Nusantara. Di sana menyuguhkan buku-buku tentang keberagaman Indonesia. Ketika sedang melihat-lihat koleksi buku di sana, kulihat ada pintu kaca yang mengarah ke ruangan lain. Begitu kubuka pintu kaca dan kujalan ke luar, kulihat hamparan gedung-gedung tinggi ibu kota. Begitu kecil dari tempatku dari berdiri. Bahkan Monumen Nasional (Monas) yang berada di seberang terlihat begitu. Di rooftop tersebut juga terdapat beberapa kursi untuk duduk.

Saat itu, aku membayangkan bagaimana rasanya memiliki rumah yang ada rooftopnya. Pasti menyenangkan sekali untuk membaca buku atau menemani anak yang sedang bermain serta suami yang sedang kerja. Semoga lain waktu bisa berkesempatan untuk berkunjung ke sana bersama Umar dan abatinya.

No comments:

Powered by Blogger.