Kali Ketiga Tidak Mudik Lebaran

Tuesday, May 11, 2021



Menuju penghujung Ramadhan, pertanyaan "mudik atau tidak" menjadi semakin sering ditanyakan. Qadarullah, kali ini kami kembali tidak mudik. Semenjak menikah tahun 2018 lalu, ini kali ketiga kami tidak mudik ke kampung halamanku atau kampung halamannya Mas. Tahun 2019 kami tidak mudik karena hari perkiraan lahir (HPL) yang mendekati idulfitri. Sementara, kami memutuskan untuk melakukan persalinan di Jogja supaya tidak bolak-balik pindah-pindah fasilitas kesehatan.

Lalu tahun lalu dan tahun ini kami tidak mudik karena kondisi yang masih pandemi. Meski, sangat disayangkan, beberapa hari terakhir ini sempat lewat berita kalau ribuan TKI dan puluhan WNA masuk ke Indonesia. Padahal pemerintah melarang warganya untuk mudik dengan dalih "mencegah penyebaran Covid-19". Ketika membaca berita tersebut mencoba tetap berkhusnudzon, barangkali ada alasan tertentu mengapa pemerintah melakukan itu.

Walaupun tidak mudik lagi, hal yang perlu disyukuri, bulan April lalu kami sudah sempat pulang ke rumah orang tua di Purwokerto. Pun masih ada WhatsApp atau media lainnya yang menjadi sarana untuk silaturahmi virtual. Sembari berharap idulfitri tahun depan bisa mudik, entah ke kampung halamanku, atau ke kampung halamannya Mas.

No comments:

Powered by Blogger.