Dua Rekomendasi Buku Anak Tentang Menyapih

Friday, May 21, 2021

 



Bagiku, fase terberat ketika anak menjelang dua tahun adalah menyapih. Tidak heran juga jika banyak orang yang menggunakan cara kurang tepat, seperti mengoles dengan sesuatu yang pahit. Setelah mengikuti kuliah Zoom tentang menyapih, kutahu bahwa menyapih harus diawali dengan proses sehingga ketika hari H penyapihan, anak tidak terlalu kaget.  Caranya dengan menjelaskan tentang menyapih secara langsung atau bisa juga melalui buku. Setidaknya ada dua buku anak tentang menyapih yang kubeli dan sempat ikut menjualkannya melalui @geraiumar.


Buku pertama yaitu Islamic Busy Dollbook Menyapih dengan Cinta. Buku ini berbentuk softbook (disebut juga buku bantal) yang terbuat dari leather printing premium, diisi dengan busa sehingga tidak bisa disobek oleh bayi. Menurutku, kelebihan buku ini adalah empat boneka peraga, seperti boneka anak laki-laki/perempuan, kasur, sikat gigi, dan air minum. Empat boneka peraga inilah yang membuat Umar merasa tertarik dengan buku ini. Apalagi boneka anaknya dimainkan dengan jari sehingga Umar pun bisa ikut memainkannya.


Buku kedua yaitu Serunya Disapih. Berbeda dengan buku sebelumnya, buku ini berbentuk boardbook. Kelebihan buku ini adalah ceritanya yang lengkap, tidak hanya menjelaskan bahwa seorang anak yang berusia dua tahun akan disapih, tetapi juga menjelaskan bahwa kalau seorang anak lapar mintanya makanan, bukan ASI. Pun kalau minum, tidak lagi ASI, tetapi air putih, susu sapi atau susu kambing. Kelebihan lainnya yaitu berbagai permainan dan wayang yang membuat anak semakin interaktif ketika dibacakan buku ini.


Sekilas, kedua buku itu memiliki kelebihannya masing-masing, tetapi sebenarnya memiliki beberapa benang merah yang sama. Pertama, menjelaskan bahwa menyapih itu merupakan perintah Allah yang tertuang dalam surat Al-Baqarah ayat 233. Maka, menyapih menjadi salah satu bentuk ketaatan anak kita terhadap perintah Allah. Kedua, menjelaskan tentang adab-adab tidur, seperti membersihkan kasur, wudhu, sikat gigi, dan membaca doa. Jadi, kedua buku ini tidak hanya menjelaskan tentang menyapih, tetapi juga adab-adab tidur.


#riasrise #RutinMenulis30Hari #rm30hari21

No comments:

Powered by Blogger.