Memperkenalkan Salat Sebelum Anak 7 Tahun, Bolehkah?

Monday, May 03, 2021



Menyambung dari tulisanku yang kemarin, selain tentang mengajak anak ke masjid, ada hal menarik lainnya yang disampaikan oleh Ustadz Budi Ashari. Sebuah hal yang terkait dengan masjid sekaligus menjadi pengingat untukku yang telah menjadi orang tua, yaitu tentang perintah salat. Dalam sebuah hadits yang mungkin sudah familiar, disebutkan bahwa seorang anak mulai diperintahkan untuk salat ketika berusia 7 tahun.


Perintah salat tersebut juga tertuang dalam surat Thaha ayat 132. Dalam ayat tersebut bahkan terdapat kata وَٱصْطَبِرْ. Ustadz Budi mengatakan maksud kata وَٱصْطَبِرْ memiliki arti kesabaran yang tidak lazim ketika memerintahkan anak untuk salat. Meskipun begitu, sebelum usia 7 tahun, sudah bisa dikenalkan dengan salat. Ahli ilmu menyebutnya dengan masa pengondisian.


Apa maksud pengondisian tersebut? Maksudnya yaitu mengondisikan suasana rumah untuk salat. Seperti ketika azan telah berkumandang, kita dan suami meninggalkan aktivitasnya dan bergegas untuk berwudhu. Ketika mendengar aku merasa seperti ditampar berkali-kali karena belum selalu seperti itu.


Ketika setiap hari anak melihat pemandangan keluarganya yang sedang salat, maka mulai muncul keinginannya untuk ikut salat. Seperti ikut menggelar sajadah dan mengikuti gerakan salat. Meski, tentunya gerakannya belum sempurna betul, pun tidak lengkap rakaatnya. Setelah anak berusia 7 tahun baru diajarkan thaharah dan cara berwudhu yang baik. Pada usia tersebut, kita sudah memerintahkan anak untuk salat, tetapi harus memiliki kesabaran yang berlipat-lipat. Sebab, seringkali anak ketiduran sehingga tidak salat. Baru ketika anak berusia 10 tahun anak mulai ditegasi untuk salat, meskipun mungkin pada usia tersebut anak belum baligh.


Mengapa Islam "sebegitunya" untuk memerintahkan anak salat mulai usia 7 tahun dan ditegasi pada usia 10 tahun? Ustadz Budi mengingatkan bahwa salat itu ibadah terbesar sehigga ketika urusan salat beres, maka urusan syariat lainnya akan lebih mudah untuk dijalani. Pun di akhirat nanti, salat adalah ibadah pertama yang ditanyai. Jika salatnya sudah baik, maka ibadah lainnya juga akan baik.

No comments:

Powered by Blogger.