Membuat Nugget Tempe



Hari ke #342

Pagi ini kepikiran untuk membuat nugget ayam. Aku pun segera mencari resepnya di YouTube. Ternyata prosesnya cukup lama dan sepertinya agak sayang kalau ayam yang stoknya tinggal sedikit itu dibuat nugget. Setelah mengurungkan niat selama beberapa saat, aku teringat jika masih memunyai stok tempe yang cukup banyak. Akhirnya, aku kembali mencari resep di YouTube. Kata kunci "ayam", kuganti dengan "tempe". Video pembuatan nugget tempe yang kutemukan ternyata jauh lebih mudah dibanding membuat nugget ayam.

Siang harinya, aku baru mencoba resep membuat nugget tempe tersebut. Seperti biasa, sebelum memasak, aku siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Seperti satu papan tempe, gula, garam, bawang, merica bubuk, putih telur, tepung panir.

Cara membuatnya:
1. Potong satu papan tempe dengan potongan dadu. Setelah itu taruh di sebuah wadah untuk mengukus.
2. Karena panci untuk mengukus rusak, aku mengukus potongan tempe tersebut di rice cooker.
3. Sembari menunggu potongan tempe itu selesai dikukus, masukkan satu siung bawang putih, satu sendok makan gula pasir, garam secukupnya ke dalam ulekan. Di video tersebut tidak dijelaskan takaran gula pasir dan garam, sehingga aku menuangkan kedua bahan tersebut dengan jurus "kira-kira".
4. Setelah itu, ulek bawang putih, gula, dan garam hingga halus.
5. Masukkan potongan tempe yang telah dikukus ke dalam sebuah wadah. Lalu campur dengan bumbu yang telah halus tersebut. Kemudian ulek potongan tempe yang telah dikukus tersebut bersama dengan bumbu yang telah halus. Sebenarnya di video dijelaskan kalau mengulek tempenya di ulekan bersama dengan bumbu-bumbu yang baru selesai diulek. Namun, ulekan yang kami punya begitu kecil sehingga tidak muat untuk mengulek tempe.
6. Setelah tempe tercampur dengan bumbu, tuangkan putih telur ke dalam adonan.
7. Setelah adonan tercampur merata dengan telur, tuang kembali adonan tersebut ke dalam wadah untuk mengukus. Kemudian kukus kembali di rice cooker selama lima menit.
8. Setelah selesai dikukus kembali, cetak adonan nugget sesuai bentuk yang diinginkan.
9. Jika semua adonan sudah dibentuk, masukkan satu per satu ke dalam putih telur kemudian masukkan ke dalam tepung panir.
10. Goreng hingga kecokelatan.

Setelah nugget tempenya selesai kugoreng, aku tambahkan dengan nasi, mayonaise, dan saus sambal. Begitu kucoba, ternyata rasanya lumayan. Mungkin juga efek aku sedang lapar.

No comments:

Powered by Blogger.