Berkibarnya Bendera Tauhid

Monday, December 31, 2018


Hari ke #363

Dalam kajian Sabtu malam kemarin, ada hal menarik yang dibahas selain membahas tema besarnya--hijrah. Salah satu pengisi kajian membahas sebuah hadits tentang akhir zaman. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa salah satu tanda datangnya hari kiamat adalah muncul-munculnya pasukan yang membawa panji atau bendera Rasulullah yang bertuliskan tauhid dari arah timur.

“Ada tiga orang yang akan saling membunuh di sisi simpanan kalian; mereka semua adalah putera khalifah, kemudian tidak akan kembali ke salah seorang dari mereka. Akhirnya muncullah bendera-bendera hitam dari arah timur, lalu mereka akan memerangi kalian dengan peperangan yang tidak pernah dilakukan oleh satu kaum pun… (lalu beliau menutur-kan sesuatu yang tidak aku fahami, kemudian beliau berkata:) Jika kalian melihatnya, maka bai’atlah dia! Walaupun dengan merangkak di atas salju, karena sesungguhnya ia adalah khalifah Allah al-Mahdi.”

Sang ustadz mengatakan bahwa banyak pendapat tentang negara yang dimaksud "arah timur" oleh Rasulullah SAW. Kalau sabda Rasulullah SAW tersebut dikatakan saat berada di Madinah, maksud dari "arah timur" itu kemungkinan besar negara yang dimaksud adalah negara-negara di Asia. Bisa saja Palestina, bisa saja Suriah, bahkan bisa saja Indonesia.

Mendengar perkataan sang ustadz, aku jadi teringat komentar murabbiku tentang aksi pembakaran bendera tauhid. Ketika orang lain mengomentari aksi tersebut, murabbiku justru teringat tentang sabda Rasulullah SAW yang sama seperti dikatakan ustadz tersebut. Menurut murabbiku, bisa saja aksi pembakaran tersebut memang sudah rencana Allah untuk terjadi. Selain untuk mengetahui seberapa kita, umat muslim, cinta terhadap kalimat yang tertera dalam bendera dibakar. Pun agar orang-orang awam lebih mengenal tentang panji atau bendera Rasulullah yang dibawa saat akan datangnya hari kiamat.

Aku mengangguk-angguk kala mendengar apa yang dikatakan murabbiku atau dikatakan sang ustadz. Entah benar atau tidak kemungkinan Indonesia yang dimaksud "arah timur" oleh Rasulullah SAW. Atau entah negara mana yang dimaksud. Setidaknya kita perlu mempersiapkan diri menjelang akhir zaman ini. Sebab kita tidak tahu kapan hari kiamat itu akan datang.

No comments:

Powered by Blogger.