Bercerita Tentang Ibu



Hari ke #185


Setiap membaca novel Tere Liye yang serial anak-anak mamak, mungkin akan membuat siapapun yang membacanya untuk merenung. Merenungi bagaimana perjuangan seorang ibu kepada kita, anaknya. Apalagi dalam novel tersebut, tokoh "bapak" sering mengatakan, "...karena jika kau tahu sedikit saja apa yang telah ia lakukan demi kalian, maka yang kau tahu itu sejatinya bahkan belum sepersepuluh dari pengorbanan, rasa cinta, serta rasa sayangnya kepada kalian." Mungkin memang benar apa yang dikatakan oleh tokoh "bapak" tersebut. Sekalipun tahu apa yang ibu kita lakukan untuk kita, itu mungkin hanya sepersepuluh dari seluruh pengorbanan yang dilakukan ibu kita. Hanya sepersepuluh dari rasa cintanya kepada kita.



Ibu yang rela mengorbankan banyak hal agar anak-anaknya mengenyam pendidikan yang tinggi. Ibu yang rela makan paling terakhir demi sang anak dapat makan "enak". Ibu yang rela memakai baju itu-itu saja demi sang anak mendapatkan baju baru. Ibu yang rela menemani kita ke manapun, tanpa mengeluh meski rasa lelah sudah merajai.



Bercerita tentang ibu membuat hati bergetar. Terlebih ketika mengingat betapa banyaknya hal yang Beliau lakukan kepada kita. Namun, terkadang yang kita lakukan sebaliknya, bahkan terkadang sulit sekadar mengatakan "terima kasih".

No comments:

Powered by Blogger.