Kue Ulang Tahun



“Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata ‘kue’? Apakah menurutmu kue identik dengan momen yang istimewa?”
           
Jika menurutmu demikian, berarti kamu tidak salah. Sebab kue memang identik dengan momen tertentu, seperti ulang tahun. Seringkali juga kue ini disebut sebagai kue tart atau bolu. Namun, seringkali kue disamaartikan dengan roti. Sekilas memang terlihat sama dari segi bentuknya, tetapi sebenarnya berbeda. Kue jauh lebih manis dibanding roti serta roti dapat dimakan kapanpun tanpa menunggu momen tertentu.

Menurut sejarahnya, awal mula kue diidentikkan dengan momen tertentu berawal dari zaman Romawi kuno. Saat itu kue dibuat dari berbagai macam seperti tepung, kacang, ragi, dan pemanis seperti madu. Baru pada abad 17 kue memiliki berbagai macam bentuk, topping dengan berbagai macam rasa, serta dekorasi yang unik-unik. Aku sendiri pertama kali merasakan kue ulang tahun pertamaku ketika usia sepuluh tahun. Berhubung aku dan adikku lahir di bulan yang sama, kami merayakan pesta ulang tahun kecil-kecilan secara bersama. Kuenya pun hanya satu, tetapi dibagi dua sisi. Sisi pertama bernuansa sepak bola dengan lilin berangka tujuh. Sisi kedua bernuansa lebih feminism dengan dihiasi miniatur penari balet dengan lilin berangka sepuluh. Semakin beranjak dewasa aku dan adikku tidak lagi merayakan ulang tahun. Namun, ketika usiaku genap 20 tahun, hampir sekitar 2 tahun yang lalu, tiba-tiba tiga teman dekat mengetuk pintu kamar kosku. Begitu kubuka pintu, mereka langsung menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” sembari membawa sebuah 4 cupcakes yang masing-masingnya telah ditaruh lilin ulang tahun. Mungkin itu terakhir kalinya aku merasakan diberi kue ulang tahun oleh teman-temanku.

Menurutku, saat ini, kue tart tidak lagi diidentikkan dengan momen ulang tahun. Sebab saat ini banyak cupcakes atau donat kecil-kecil yang disusun menjadi kue ulang tahun. Mungkin karena donat kecil-kecil dan cupcakes tersebut jauh lebih murah dibanding kue tart yang ukuran kecilnya saja bisa mencapai 30.000-an rupiah. Namun, bagaimanapun juga, menurutku momen ulang tahun tidak melulu harus disertai dengan kue tart yang mahal atau kue-kue lainnya. Cukup dengan kehadiran serta doa dari orang-orang yang kita sayang dan menyayangi kita. 

Share this:

0 comments:

Post a Comment