Tentang Sayyidah Hawa dan Fitrah Penciptaan Manusia

Monday, January 08, 2024



Di kelas tadabbur pekan lalu, Abati @akhimuflih membahas tentang Sayyidah Hawa yang diciptakan untuk menemani Nabi Adam di surga. Walaupun Nabi Adam tidak meminta kepada Allah, tapi Allah tahu kalau Nabi Adam merasa gelisah. Akhirnya, Allah menciptakan Sayyidah Hawa. Tujuannya apa? Untuk memberikan ketenangan, dan itu pulalah yang menjadi tujuan penciptaan wanita.


Lalu, Ahad lalu aku menyimak podcastnya Ustadz Budi Ashari yang ternyata membahas hal yang sama, yaitu Sayyidah Hawa. Kata Ustadz Budi, Sayyidah Hawa diciptakan dari makhluk hidup atau tulang rusuk sebelah kirinya Nabi Adam, sementara Nabi Adam diciptakan dari benda mati yaitu tanah. Perbedaan asal penciptaan ini ternyata bukan tanpa maksud, ternyata banyak hikmah yang Allah ingin sampaikan yaitu tentang fitrah penciptaan antara laki-laki dan perempuan yang memang berbeda. Maka, mendidik anak laki-laki dan perempuan itu tidak bisa sama.


Perbedaan asal penciptaan ini membuat laki-laki dan perempuan memiliki karakter, peran, dan tugas di bumi yang berbeda. Dan Allah memberikan bekal yang berbeda untuk laki-laki dan perempuan. Allah bekali laki-laki dengan kelebihan di logika dan fisik yang kuat, sementara perempuan diberikan kelebihan di perasaan. Mengapa demikian? Karena laki-laki itu terbuat dari tanah sehingga kerjanya berada di ranah yang high risk dan membutuhkan logika yang kuat. Sementara perempuan karena terciptanya dari makhluk hidup dan kelebihan perasaan, maka kerjanya berada di ranah yang membutuhkan sentuhan kasih sayang, seperti mendidik anak, mengurus suami, mengurus rumah.


Dari penjelasan Ustadz Budi jadi diingatkan lagi tentang pentingnya mengenalkan fitrah penciptaan ini ke Umar. Dan menjadi PR buatku dan Abatinya Umar untuk terus menumbuhkan fitrah laki-laki dalam diri Umar. Apalagi zaman sekarang semakin banyak orang yang berpenampilan tidak sesuai dengan fitrah penciptaannya, bahkan mendeklarasikan dirinya sebagai lagibeteq.

No comments:

Powered by Blogger.