Ajaibnya Istighfar

Wednesday, January 03, 2024

 



Sebelumnya, aku tidak pernah mencoba buat merutinkan istighfar 100 kali. Hingga Juni lalu, aku ikut Business Coaching yang diadakan Dami @fufuelmart dan salah satu challenge-nya itu istighfar 100 kali dalam sehari. Walaupun mungkin di awal terasa berat sekali, tapi setelah dijalani dan kurutinkan--alhamdulillah hingga sekarang--ternyata rasanya begitu tenang dan lebih mudah untuk menghadapi masalah.


Tentang istighfar, Rasulullah pun sudah mencontohkan kalau selesai salat, kita beristighfar 3 kali dulu. Dan kalau aku perhatikan di buku panduan salat, ada beberapa salat sunah yang salah satu doanya berupa istighfar.


Kenapa kok perlu istighfar, terutama setelah salat? Kalau kata Ustadz Adi Hidayat, ada beberapa alasan kenapa perlu istighfar lebih dulu:

1. Permohonan ampun karena belum maksimal terhubung dengan Allah saat salat.

2. Pembuka ke doa. Doa itu permohonan yang suci, kalau mau doa kita sampai ke Allah, maka kita perlu memohon ampun dulu ke Allah.


Ajaibnya, kalau kita sering merutinkan istighfar, kita belum minta ke Allah tapi Allah sudah mengabulkannya. Dan kata Ustadz Adi Hidayat, kalau mau doa kita sampai ke Allah itu perlu menengadahkan tangan kita dan memohon dengan asmaul husna. Jadi, ketika berdoa, kita memohon sambil menyebut nama Allah. Tidak perlu semua asmaul husna kita, tapi disesuaikan dengan kebutuhan kita.


Contohnya seperti doa ini:


يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا


"Wahai Dzat yang Mahahidup, lagi Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu kami memohon, perbaguslah pribadi kami semuanya, dan jangan Engkau pasrahkan urusan kami pada diri kami sendiri selamanya."


Bahkan, kata Ustadz Adi Hidayat, kalau kita memohon kepada Allah dengan asmaul husna, maka mempercepat terkabulkannya doa tersebut. Namun, kalau kita banyak melakukan maksiat, bekerja di tempat haram, suka mengonsumsi/memakai yang haram, maka akan mempertebal jarak kita dengan Allah dan menjadi penghalang terkabulkannya doa. Dan untuk membuka penghalang tersebut, caranya dengan beristighfar. Masya Allah, betapa ajaibnya istighfar itu.

No comments:

Powered by Blogger.