Rumah Rasa Pesantren

Monday, January 01, 2024

 



Waktu kuliah dulu, aku sempat ingin mendaftar ke sebuah pondok pesantren mahasiswi. Karena saat itu aku baru-baru mulai hijrah sehingga ingin mendapatkan tempat yang membuatku bisa belajar tentang Islam lebih intens. Namun, orang tuaku tidak mengizinkan karena jaraknya yang lumayan jauh kalau dari kampusku. Sedangkan aku tidak ada motor sehingga ke mana-mana lebih sering menggunakan Trans Jogja. 


Mungkin karena 'strong why'-ku juga belum kuat untuk meyakinkan kedua orang tuaku, akhirnya aku pun mengurungkan niat untuk mendaftar ke pondok tersebut. Jadilah selama kuliah aku belajar tentang Islam dari satu kajian ke kajian lainnya. Alhamdulillah.


Dan di tahun 2023 kemarin, ada satu nikmat yang tidak pernah kuduga sebelumnya yaitu diamanahi rumah untuk digunakan berdakwah. Seketika teringat kembali keinginanku untuk tinggal di pondok pesantren. Meskipun bukan seperti pondok pesantren pada umumnya, tapi aku bersyukur sekali bisa lebih sering menikmati nuansa majelis ilmu di dalam rumah.


Dari mulai menyiapkan tempat dan suguhan, hingga berkesempatan untuk ikut nimbrung belajar berbagai macam hal. Seperti tadabbur, bahasa Arab, siroh, Digital Marketing, UI/UX, dan lainnya. Rasanya begitu haru dengan cara Allah mengabulkan keinginanku ketika kuliah dulu.

No comments:

Powered by Blogger.