Bangun Tidur yang Lebih Produktif

Saturday, January 06, 2024



Sejak awal Desember lalu, aku mengikuti kelasnya teh @restihardiyanti yang berjudul "30 Hari Produktif Mulai Jam 3 Subuh" bersama beberapa Ranger Sakeena lainnya. Sebenarnya alhamdulillah aku udah terbiasa untuk tidur malam 3-4 jam saja jadi mudah untuk bangun dini hari. Namun, yang menjadi masalahku, seringkali setelah terbangun bingung mau melakukan apa saja. Dan seringkali ketika keasyikan di depan laptop, salat sunahnya jadi mepet Subuh.


Waktu di awal mengikuti kelas ini sempat terbesit pikiran kalau ini sesuatu yang mudah karena aku sudah sering melakukannya. Namun, aku tetap deg-degan takut tidak bangun jam 03.00-03.30. Dan ternyata benar, ada dua hari aku bangunnya tidak on time atau setelah jam 03.30. Keduanya terjadi karena malamnya aku baru tidur di atas jam 21.30.


Salah satunya juga terjadi karena aku sudah membuka mata dan berdoa tapi masih sambil baring. Hingga tidak sadar terlelap kembali dan telat bangunnya. Dan ini juga ada di haditsnya Imam Bukhari kalau kita sudah terbangun, setan akan membisikkan di telinga kita kalau malam masih panjang sehingga kita pun terlelap kembali. Jadi, kalau sudah bangun memang harus segera beranjak dari tempat tidur.


Setelah 30 hari mengikuti kelas ini, aku berusaha untuk terus memprioritaskan salat tahajud dan salat sunah lainnya, dibanding melakukan aktivitas lainnya. Terus aku merasa lebih terarah untuk melakukan aktivitas produktif apa saja setelah terbangun. Selain diajak untuk terbiasa bangun dan produktif dari jam 3 pagi, di kelas ini juga ada beberapa challenge yang sangat membantu peran kami sebagai Ranger. Karena challenge di kelas ini mengingatkanku untuk membuat goal bulanan, kenapa harus melakukan itu, dan langkah apa saja yang dilakukan setiap hari untuk mencapai goal tersebut.



Jazakillah khairan teh @restihardiyanti atas kesempatannya untuk mengikuti kelas ini. Semoga aku bisa istikamah untuk bisa produktif sejak jam 3 pagi.

1 comment:

  1. Kereeen masyaAllah. Semoga bs menyusul produktif sejak jam 3 jg aamiin

    ReplyDelete

Powered by Blogger.