Jalan-jalan Pertamanya Umar bersama Teman-teman TPA

Thursday, January 04, 2024

 


November lalu, aku dapat undangan pemberitahuan kalau tanggal 3 Desember anak-anak TPA Al-Mubarok akan jalan-jalan ke Pantai Goa Cemara. Dan yang membuatku terkejut sekaligus bersyukur, di undangan tertulis kalau biayanya gratis. Sejak dapat undangan itu, hampir setiap waktu Umar tanya kapan dia akan ke pantai. Sungguh sangat tidak sabaran, apalagi ini pengalaman pertamanya Umar pergi bersama teman-teman TPAnya ke pantai.


Ketika hari H tiba, Umar terbangun dengan wajah yang begitu ceria. Usai salat, Umar bersiap untuk mandi. Sekitar jam 6 pagi, setelah semuanya siap, Abati @akhimuflih mengantar kami ke Masjid Al-Mubarok. Ternyata teman-temannya Umar sedang berbaris di depan ustadz yang sedang memanggil nama-nama santrinya.


Tidak lama kemudian, dua kotak snack pun datang. Alhamdulillah, walau gratis, tetapi fasilitas yang diberikan TPA begitu berlimpah. Bahkan, awalnya kukira bus yang akan dipakai itu bus kecil yang tidak berAC, tetapi ternyata busnya cukup besar, berAC, dan sangat nyaman. Bahkan ibu-ibu walisantri yang awalnya ingin menyusul menggunakan kendaraan pribadi, jadi ikut naik bus.


Sesampainya di Pantai Goa Cemara, kami singgah sebentar ke sebuah pendopo untuk menaruh barang bawaan. Lalu, kami bersama-sama ke tepi pantai, bermain game sesuai kelasnya di TPA. Kalau Umar dan anak-anak kelas TKA bermain memasukkan pasir ke botol dan menguburkan botol ke dalam pasir. Selama bermain di pantai, Umar terlihat begitu bahagia. Tidak ada raut kelelahan. Bahkan usai dari pantai, melihat teman-temannya bermain air di kolam renang, Umar pun merengek ingin ikut menyebur. Syukurnya saat itu aku bawa baju gantinya Umar, jadi kuizinkan dia bermain di kolam renang.


Kegiatan jalan-jalan hari itu pun ditutup dengan makan siang dan foto bersama di pendopo. Selama perjalanan pulang Umar tidak bisa diam. Namun, begitu sampai rumah, baring sebentar di kasur, Umar langsung terlelap.




No comments:

Powered by Blogger.