Buku Sakeena Favorit Umar Saat Ini

Friday, October 21, 2022


Kemarin aku tanya Umar tentang buku Sakeena manakah yang dia suka. Ternyata dia jawab buku "Aku Ikuti Rasulullah". Alasannya karena di buku ini ada ilustrasi cinta-cintanya dan ada ekspresi perasaan bosan yang baru pernah dilihatnya. Namun, menurutku, alasan utama dia menyukai buku ini karena baru datang beberapa hari lalu. Dan memang, hal-hal yang Umar sukai atau dilakukan/ditonton berulang kali karena itu sesuatu yang baru.


Berbicara tentang "Aku Ikuti Rasulullah", buku ini merupakan lanjutan dari buku "Aku Ingat Allah". Di buku sebelumnya membahas tentang kalimat thayyibah yang diucapkan ketika merasakan suatu emosi sehingga dari situ menjadi cara untuk mengingat Allah. Sementara di buku ini selain kalimat thayyibah itu diucapkan sebagai cara untuk mengingat Allah, tetapi juga untuk meneladani akhlaknya Rasulullah.


Ada hal menarik tiap kali aku membacakan buku ini untuk Umar yaitu ketika melihat lafaz Muhammad dalam buku ini. Biasanya Umar melihat lafaz Muhammad tanpa harakat. Namun, di buku ini ditulis lengkap dengan harakatnya. Jadi, kali pertama Umar melihat lafaz Muhammad, dia pikir itu lafaz Allah. Awalnya aku tidak menyadari kenapa Umar bisa bilang begitu. Setelah kulihat lagi, di lafaz Muhammad dan Allah itu sama-sama tanda tasydid sehingga Umar kira lafaz Muhammad itu lafaz Allah.

No comments:

Powered by Blogger.