Mencari Keberkahan dalam Berjualan

Thursday, December 17, 2020


Bulan lalu, aku mendapat pesanan dua buah buku. Hingga hari Jumat, customerku tidak kunjung membayar pesanannya sehingga aku pun belum membayar ke agen. Qadarullah, ternyata hari Kamis-nya agen sudah mengirimkan buku tersebut. Padahal biasanya agen akan mengirimkan buku setelah aku mentransfer uang. Akhirnya, aku bayar dulu pesanan customer-ku. Saat itu, Mas yang mengetahui aku melakukannya langsung menegurku.


Sabtu sorenya, buku itu pun sampai di rumah customer-ku. Namun, hingga malam harinya customer-ku tidak kunjung membayar juga. Lalu, malam harinya, aku mendengarkan podcast-nya Ustadz Oemar Mita yang judulnya Bekerja. Dari podcast itu, aku memetik hikmah bahwa bekerja atau berbisnis juga harus mencari keberkahan, bukan semata mencari keuntungan.


Keesokan harinya, tepatnya saat Ahad siang, akhirnya customer-ku mentransfer uang pesanan bukunya. Namun, aku cukup terkejut karena Beliau hanya membayar satu buku. Ongkos kirimnya pun tidak dibayarkan. Tidak berselang lama, Beliau meneleponku dan mengatakan bahwa hanya memesan satu buku. Lalu aku mengirimkan screenshot format pemesanan yang Beliau isi pun invoice yang pernah kukirimkan. Ketika Mas yang meladeni telepon itu, Beliau tetap bersikeras bahwa hanya memesan satu buku dan tidak mau membayar yang satunya. Malah Beliau meminta kami untuk mengambil kembali buku yang satunya karena merasa kami me-ribet-kan. Akhirnya, kami cerita ke agen tentang permasalahan itu hingga mendapat satu kesepakatan bahwa buku yang satu diambil dan agen yang akan bantu menjualkannya kembali. Alhamdulillah, langsung ada yang mau membelinya.


Lalu, aku konfirmasi ke customerku tersebut bahwa buku yang satunya dikirim ke alamat customer agen. Awalnya Beliau mengiyakan untuk mengirimkan buku itu, tetapi begitu kutanyakan kembali, Beliau justru mengirimkan bukti transfer. Ternyata Beliau memilih untuk tetap mengambil buku yang satunya--tetap tanpa membayar ongkos kirim.


Lanjut di kolom komentar👇

No comments:

Powered by Blogger.