Kisah Pemuda yang Menebang Pohon

Saturday, December 12, 2020



Bulan lalu, aku mendengar salah satu podcast-nya Ustadz @oemarmita yang berjudul Bekerja. Ada dua hikmah utama yang kupetik dari podcast itu, yaitu tentang niat dan mencari keberkahan. Tentang niat tersebut, ada kisah menarik yang diceritakan oleh Beliau.

Dahulu, ada seorang pemuda yang begitu semangat untuk menebang pohon yang dijadikan tempat kesyirikan. Sesampainya di sana, pemuda itu bertemu dengan iblis yang menyamar menjadi manusia. Iblis bertanya tentang tujuan pemuda itu mendatangi pohon tersebut. "Aku hendak menebang pohon tersebut," kata pemuda itu.

Iblis itu berusaha keras untuk menghalanginya agar tidak menebang pohon itu. Sampai-sampai, terjadilah pertarungan di antara mereka dan iblis pun kalah dalam pertarungan itu. Meski begitu, iblis tidak berhenti untuk menghalangi pemuda itu. Iblis pun berjanji akan memberikan pemuda itu dua dinar di bawah bantal setiap pagi. Mendengar itu, akhirnya sang pemuda mengurungkan niat untuk menebang pohon dan kembali ke rumah.

Keesokan paginya, pemuda itu begitu terkejut ketika menemukan dua dinar di bawah bantalnya. Kejadian itu terus berulang sampai hari-hari berikutnya. Hingga suatu pagi, pemuda itu tidak lagi menemukan dua dinar di bawah bantalnya. Akhirnya, pemuda itu bergegas mendatangi pohon itu kembali untuk menebangnya.

Lagi-lagi pemuda itu bertemu dengan iblis yang menjelma manusia. Pertarungan pun kembali terjadi. Sayangnya kali ini pemuda itu yang kalah dalam pertarungan. Pemuda itu heran mengapa dia bisa kalah. Padahal pada pertarungan pertama, pemuda itu begitu mudahnya mengalahkan iblis.

Iblis pun menjelaskan bahwa ketika pertarungan pertama pemuda itu menang karena memang dia berniat menebang pohon karena Allah. Sementara ketika kali kedua datang untuk menebang pohon, alasan menebang pohonnya tidak lagi karena Allah, tetapi karena tidak lagi mendapatkan dua dinar.

Dari kisah tersebut, kita dapat memetik hikmah bahwa segala sesuatu yang kita lakukan haruslah karena Allah. Meski terlihat sepele, tetapi niat karena Allah itu sangatlah penting. Apalagi dalam bekerja karena bisa memengaruhi keberkahan dalam uang yang kita dapatkan.

No comments:

Powered by Blogger.