Apa yang Sudah Kuberikan?

Tuesday, December 22, 2020

 

Dari sekian banyak lagu tentang ibu, ada satu lagu yang paling kusuka. Judulnya yaitu "Cinta untuk Mama". Dari penyanyi aslinya sampai siapapun yang meng-cover-nya hampir selalu kusuka. Terutama versi nasyidnya @vocafarabi ini.


Dulu sebelum menikah, mendengarkan lagu ini sembari bertanya-tanya pada diri, "apa ya yang udah kuberikan ke ibu?" Lalu mengingat hal-hal apa saja yang sudah kuberikan atau kulakukan. Dan sepertinya belum banyak yang kuberikan atau kulakukan buat ibu.


Sekarang, ketika kembali mendengarkan lagu itu setelah memiliki anak, pertanyaan itu masih tetap kupertanyakan. Namun, sekarang bertambah satu pertanyaan, "apa yang sudah kuberikan ke Umar? Apa aku sudah menjadi ibu yang baik untuknya?" Pertanyaan-pertanyaan itu terus menggeliat di benakku. Hingga kusadari bahwa memang belum banyak yang kuberikan atau kulakukan untuk ibu. Pun belum banyak yang kulakukan untuk Umar.


Hampir 19 bulan membersamai Umar, ternyata masih begitu sebentar untuk mendapatkan jawabannya. Masih begitu sebentar dibanding segala perjuangan yang telah merawatku sedari kecil. Mengalami sendiri menjadi ibu, membuatku tahu betapa "ups and downs"-nya peran yang mulia ini. Tidak heran jika ada ungkapan bahwa surga berada di telapak kaki ibu. Semoga kita bisa menjadi ibu yang baik untuk anak-anak kita, pun menjadi anak yang baik untuk ibu kita.


#riasrise #IrisanTakdirKehidupan

No comments:

Powered by Blogger.