Membuat Potato Cheese Stick bersama Umar

Sunday, April 19, 2020


Sekitar sepekan lalu aku mencobakan keju untuk Umar  Sayangnya saat itu Umar tidak mau memakannya. Aku pun memutar otak, hingga menemukan resep potato cheese stick di @happysupportgrup3. Apalagi kebetulan stok kentang belum pernah tersentuh.

Biasanya aku mulai masak ketika Umar masih tidur malam. Sayangnya sampai Umar terbangun, aku hanya dapat meniriskan kentang yang sudah kurebus. Akhirnya kutunda membuat potato cheese stick hingga Umar tertidur lagi. Setelah itu kulanjutkan prosesnya. Kuhaluskan kentang yang sudah empuk tadi di dalam wadah dengan menggunakan ulekan. Belum usai menghaluskan kentang, tiba-tiba Umar terbangun. Lalu kuajak Umar membuat potato cheese stick. Alhamdulillah Umar begitu anteng. Meski sesekali ingin menyentuh kentang yang sedang kuhaluskan atau merebut parutan. Namun, alhamdulilah sampai potato cheese stick itu sudah tergoreng, Umar begitu antusias. Bahkan saat menggoreng, kulihat dia terlihat mengamati setiap adonan yang masuk ke wajan. Ketika potato cheese stick sudah jadi, Umar langsung mengambil sendiri—meski awalnya wajahnya meringis karena memegang yang masih panas.

Alhamdulillah, Umar begitu lahap memakannya. Mungkin karena dia sedang senang menggenggam dan memakan sendiri makanannya (finger food). Mungkin juga karena dia melihat proses pembuatan makanan yang sedang dimakannya. Aku jadi teringat sebuah kalimat bahwa anak memang seharusnya dilibatkan dalam aktivitas yang kita lakukan. Salah satunya memasak bersama. Meski tetap harus diperhatikan keamanannya.

Oh iya, ini resep potato cheese sticknya:
Bahan:
- Kentang
- Keju
- 4 sdm Tepung beras
- Garam secukupnya
- Lada secukupnya
- Telur

Cara membuat:
- Rebus kentang yang sudah dikupas kulitnya. Tunggu sampai empuk
- Setelah empuk, tiriskan lalu haluskan
- Parut keju lalu masukkan ke dalam wadah
- Masukkan tepung beras, telur yang telah dikocok, garam, dan lada
- Aduk perlahan hingga tercampur semua
- Setelah masukkan adonan ke dalam plastik bening. Lalu ikat dan lubangi ujungnya
- Masukkan perlahan adonan itu ke wajan yang berisi minyak panas
- Goreng sampai matang

Semoga resep ini bisa menjadi cara untuk mengatasi GTM pada anak.

No comments:

Powered by Blogger.