Alquran dan Semestaku: Memperkenalkan Alquran Melalui Buku

Friday, April 03, 2020


"Sebagaimana kata ayahku, Alquran itu seperti cahaya lampu yang menerangi langkahku saat berjalan di tengah gelapnya malam."-Madina (halaman 6)

Sekitar sepekan lalu, setelah menunggu dua bulan, buku Alquran dan Semestaku pun akhirnya datang. Buku ini pun menjadi buku keduanya Umar yang sebenarnya bukan ditujukan untuk bayi di bawah satu tahun. Sebuah buku terbitan Grow The Seed yang rasanya begitu padat. Bukan hanya jumlah halamannya yang banyak, tetapi juga isinya yang terasa daging.

Buku ini berkisah tentang Madina yang diberi hadiah Alquran oleh sang ayah. Berkat itu Madina jadi tahu bahwa Alquran itu petunjuk hidup umat Islam dan layaknya cahaya yang menerangi gelapnya malam. Selain itu, Madina jadi tahu bahwa Allah menceritakan banyak hal dalam Alquran. Semua yang ada di semesta sudah Allah ceritakan di dalam kitab sucinya umat Islam ini. Seperti tentang hujan, petir, air hujan, bintang.

Dari segi ilustrasi, buku ini terasa menarik sekali untuk anak-anak dan bayi. Penggambarannya bagus dan pas. Dari segi cerita, buku ini terasa sekali dagingnya. Seperti yang kutulis di paragraf awal. Karena bisa menceritakan peristiwa di alam yang ternyata sudah tercantum dalam Alquran dengan bahasa yang sederhana dan apik. Buku ini memang pas ditujukan untuk anak usia 3-5 tahun karena sudah lancar berbicara dan merespon dengan baik. Namun, untuk bayi di bawah satu tahun juga cukup oke. Selain itu, buku ini juga dapat mengeratkan bonding anak dengan orang tua. Para orang tua pun diharapkan tidak hanya bercerita tetapi juga membacakan ayat-ayat yang tertera di buku ini. Sebab, tujuan dibuatnya buku ini memang untuk memperkenalkan anak dengan Alquran.

Selain kelebihan-kelebihannya tersebut, ada satu kekurangan buku ini yaitu cover yang kurang tebal. Untuk anak usia 3-5 tahun ke atas mungkin tidak masalah. Sebaliknya, untuk bayi di bawah 1 tahun seperti Umar, cover yang kurang tebal bisa mudah tertekuk dan rawan tersobek. Namun, secara keseluruhan buku ini sangatlah bagus. Bukan hanya bagus untuk anak, tetapi juga untuk orang tua.

No comments:

Powered by Blogger.