5 Rukun Islam yang Harus Kita Amalkan

Thursday, November 10, 2022

 


Alhamdulillah, biidznillah, melalui buku "Ramadhan Bulan Kebaikan-Ramadhan Bersama Nussa"-nya @sakeenafamily, sejak Januari lalu Umar bisa hafal lima rukun Islam dengan benar. Menurutku, sebenarnya anak-anak seusia Umar memang mudah sekali menyerap hal-hal yang dilihat dan didengarnya, termasuk tentang lima rukun Islam itu.


Begitupun dengan kita, sejak kecil sudah hafal lima rukun. Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah kita paham strong why kita harus menghafalkan itu, paham tentang maknanya sehingga bisa senang hati mengamalkan? Sepertinya jarang sekali yang diajarkan seperti itu sejak kecil.


Itulah mengapa, banyak dari kita yang kita tumbuh dewasa suka bermalas-malasan ketika salat atau salat ala kadarnya. Sebab, kita belum paham untuk apa melakukan salat. Kita hanya hafal kalau salat itu salah satu rukun Islam, tetapi belum paham maknanya. Aku pun takut jika Umar seperti, makanya salah satu ikhtiar yang kami lakukan adalah dengan membacakan buku Seri Cinta Islam.


Menurutku, buku Seri Cinta Islam ini bagus sekali. Karena tidak hanya menjelaskan apa saja lima rukun Islam itu, tetapi juga menjelaskan tentang strong why setiap rukunnya. Jadi anak diajak untuk belajar makna setiap rukun Islam. Aku pun sebagai orang tua merasa diajak untuk memaknai ulang setiap rukun Islam. Seperti rukun Islam pertama yaitu syahadat, ternyata jauh sebelum Allah meniupkan ruh ke dalam perut ibu kita, sebenarnya kita sudah bersyahadat, sudah mengakui bahwa Allah itu hanya satu-satunya Tuhan yang kita imani (Q.S. Al-A'raf ayat 172).

No comments:

Powered by Blogger.